Ternyata cukup mudah melakukan cara transfer uang  lewat ATM Mandiri ke BRI, Anda bisa langsung coba tanpa harus takut gagal dan pasti terkirim.

cara transfer uang lewat atm mandiri ke bri

Anda tidak perlu merasa bingung karena sudah banyak orang-orang kreatif yang membuat tutorial seperti ini. ATM biasanya digunakan untuk mentransfer uang maupun tarik tunai. Sebelum Anda mendapatkan ATM, Anda perlu membuka tabungan rekening baru.

Jika sudah, proses transfer uang dapat Anda lakukan. Kebutuhan setiap orang itu berbeda-beda, kenapa seseorang ingin melakukan proses transfer ATM itu berbagai macam alasannya.

Mungkin saja Anda seorang perantau yang ingin mengirimkan uang kepada orang tua dirumah, mentransfer uang kepada teman, atau bahkan membayar belanjaan yang dipesan melalui platform belanja online, dan lain sebagainya.

Jika ATM Anda sudah siap digunakan, maka berarti Anda sudah siap melakukan transfer uang. Sebagai contoh saya akan memberikan tahapan cara transfer uang lewat ATM Mandiri ke BRI.

 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Melakukan Transfer Uang

Sebelum Anda mengetahui langkah-langkahnya,  alangkah baiknya jika Anda mengetahui dan memperhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut, diantaranya:

1. Pastikan Posisi ATM Tidak Terbalik

Posisi ATM Tidak Terbalik

Pastikan posisi ATM tidak terbalik

Hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. Jangan sampai salah dan terbalik, karena akan berakibat fatal terhadap kartu ATM Anda. Bisa saja kartu ATM yang terbalik dapat tertelan (masuk) kedalam mesin ATM dan tidak mau keluar lagi.

Namun ada beberapa mesin ATM yang saya temukan akan menolak kartu yang Anda masukkan secara terbalik. Untuk itu selalu pastikan pada saat proses memasukkan kartu ATM posisi kartu dalam keadaan yang benar, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

2. Pada Saat Memasukkan PIN ATM Jangan sampai salah

PIN ATM Jangan sampai salah

PIN pada kartu ATM harus benar

PIN ATM bisa diibaratkan sebagai kunci agar Anda dapat mengambil maupun mentransfer uang. Jika Anda tidak tahu ataupun lupa, maka sebaiknya hubungi Bank terkait. Pastinya akan memerlukan berbagai tahapan lagi yang harus Anda lakukan.

Maka dari pada itu, sebaiknya Anda catat PIN-nya. Baik itu di buku, notepad handphone, maupun ditempat lainnya. Seandainya Anda lupa PIN, maka Anda hanya perlu memeriksa dicatatan yang sebelumnya telah Anda buat.

Lebih baik lagi jika Anda hafal dengan kode PIN-nya, maka Anda tidak perlu catatan  lagi.

 

3. Masukkan Kode Bank Tanpa Spasi Diikuti Dengan Nomor Rekening Tujuan

Pada saat Proses Transfer Nanti, masukkan kode Bank tanpa ada spasi terus diikuti dengan nomor rekening tujuan yang akan ditransfer uangnya. Sedangkan pada nomor referensi Bank bersifat opsional, bisa Anda isi ataupun tidak.

Catatan: kode Bank setiap Bank itu berbeda, sebagai contoh kode transfer Bank BRI adalah 002 dan kode transfer Bank Mandiri adalah 008.

4. Pastikan Saldo Pada Rekening Anda Mencukupi

Saldo Pada Rekening Mencukupi

Pastikan saldo pada ATM Anda mencukupi untuk proses transfer

Nah, untuk yang satu ini, sangat penting sekali untuk Anda perhatikan ya! Jangan sampai pada saat Anda sudah berada di depan mesin ATM dan sudah mau melakukan transfer uang dari Bank Mandiri ke Bank BRI ternyata Anda gagal melakukan proses kirim uang dikarenakan saldo tabungan Anda tidak mencukupi.

 

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke BRI

Jika semua yang sudah dibahas sebelumnya tadi sudah Anda persiapkan dan pastikan, maka barulah kita tutorial caranya. Sesuai yang tertera pada judul artikel ini, langkah-langkahnya bisa Anda lihat dibawah ini.

Baik itu dari ATM Mandiri ke BRI atau sebaliknya dari ATM BRI ke Mandiri maupun Bank lain itu tahapannya sama saja, yang bebeda hanya pada kode transfer Bank saja.

 

Berikut Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke BRI

  1. Siapkan nomor rekening tujuan yang akan Anda transfer.
  2. Masukkan kartu ATM. Pastikan bagian kuning kartu posisikan di bagian kanan dan sebelah atas.
  3. Pilih Bahasa. Terdapat 2 pilihan bahasa Inggris atau Indonesia, sebaiknya pilih bahasa Indonesia.
  4. Masukkan no PIN Anda. 6 digit no PIN Anda dimasukkan dan jika benar otomatis akan diproses tanpa harus tekan Enter, tunggu sebentar.
  5. Masuk Halaman Menu Utama, klik transaksi lainnya.
  6. Pada bagian Menu Utama Lainnya, klik Transfer lalu klik Antar Bank Online.
  7. Masukkan nomor rekening tujuan transfer (3 digit kode Bank+No. Rek). Namun jika Anda tidak tahu, Anda bisa klik pilihan Daftar Kode Bank.
  8. Proses tunggu sebentar, lalu akan muncul kode Bank beserta nama Bank yang sesuai.
  9. Jika sudah, klik masukkan nomor rekening.
  10. Isikan kode Bank+Nomor rekening, contoh transfer ke BRI: 002561100000000000.
  11. Pastikan nomor rekening sudah benar, jika sudah klik Benar.
  12. Masukkan nomor referensi transfer Anda (jika Anda ingin) maksimum 16 digit, pada tahapan ini bisa bebas mau Anda isi atau tidak. Klik Benar.
  13. Masukkan jumlah uang yang akan Anda transfer ke rekening tujuan. Klik Benar.
  14. Tunggu sebentar transaksi sedang diproses.
  15. Muncul tampilan Konfirmasi Transfer, dengan detail nomor rekening, nama bank tujuan, nama pemilik rekening tujuan, nomor referensi, dan jumlah transfer. Pastikan semua benar, lalu klik Ya.
  16. Tunggu proses sampai selesai, selanjutnya akan keluar struk bukti bahwa Anda sudah sukses melakukan transfer bank ke nomor rekening tujuan.
  17. Klik Keluar, dan jika Anda tidak ingin melakukan transfer lagi silahkan klik Cancel. Ambil kartu ATM Anda, proses Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke BRI telah selesai.

Sangat mudah bukan? Anda bisa langsung coba tanpa harus takut gagal atau uang tidak terkirim. Jika masih terdapat kekeliruan, silahkan Anda beri komentar dibawah.