Bagaimana cara transfer pulsa Telkomsel ke Telkomsel? Apakah caranya sulit? Tidak, langkah-langkahnya sangat mudah, begini tutorialnya.

Melakukan transfer pulsa Telkomsel ke sesama pengguna Telkomsel dapat dengan mudah Anda lakukan. Pada umumnya, ada 3 cara yang dapat Anda pilih.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel 2020

Perihal cara mana yang paling mudah, Anda dapat mencoba langkah-langkahnya satu persatu. Mendapatkan pulsa Telkomsel tidak hanya dengan cara mengisi ulang pulsa maupun dari penukaran Telkomsel POIN.

Ada cara lain yang mungkin belum atau bahkan masih jarang diketahui oleh pengguna Telkomsel itu sendiri, apa itu? Caranya adalah dengan melakukan transfer pulsa Telkomsel dari nomor lain sesama pengguna kartu Telkomsel.

Tidak dapat dipungkiri cara transfer pulsa Telkomsel ke Telkomsel (transfer sesama pengguna Telkomsel) itu sangat mudah sekali. Namun tentu saja terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi sebelum Anda melakukan transfer pulsa.

Biaya Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel

Pada saat mengirim pulsa diperlukan biaya transfernya, biaya transfer pulsa Telkomsel ini mengikuti berapa nominal pulsa yang Anda kirim, berikut rinciannya:

  • Nominal Rp. 5.000 – Rp. 19.000, dikenakan biaya transfer RP. 1.850
  • Nominal Rp. 20.000 – seterusnya, dikenakan biaya Rp. 2.000

Jika terdapat perubahan, rincian biaya transfer pulsa Telkomsel diatas bisa juga langsung Anda cek di website resmi Telkomsel.

 

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Dengan Mudah

Dibawah ini terdapat 3 cara transfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel, Anda dapat mencoba salah satu cara dibawah atau mencoba ketiga caranya. Diantaranya:

  1. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Via UMB *858#.
  2. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Via Aplikasi MyTelkomsel / MyTelkomsel App.
  3. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Via T-Sel Menu.

Yuk simak langkah-langkah dari ketiga cara dibawah ini.

1. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Via UMB *858#

Cara transfer pulsa ke sesama Telkomsel yang pertama ini adalah melalui kode dial *858#. Langkah-langkah transfer pulsa Telkomsel ke Telkomsel dengan menggunakan kode dial *858# adalah sebagai berikut.

  1. Ketik *858# di panggilan telepon Anda.
  2. Setelah itu muncul beberapa pilihan, diantaranya: Transfer Pulsa, Minta Pulsa, Auto TP, Delete Auto TP, List Auto TP, dan Cek Kupon Undian TP. Jika seperti itu silahkan pilih Transfer Pulsa di nomor 1, ketik angka 1 lalu klik Kirim.

    Pilih Transfer Pulsa

    Pilih Transfer Pulsa

  3. Selanjutnya masukkan nomor tujuan Telkomsel yang akan ditransfer, klik Kirim.
  4. Masukkan jumlah pulsa yang akan ditransfer, kemudian klik Kirim.
  5. Pada form konfirmasi transfer pulsa “Anda akan mengirimkan pulsa 5.000 ke nomor: …………? (biaya Rp ….)” ketik angka 1 yaitu Setuju.
  6. Permintaan transfer pulsa Anda sedang diproses, tunggu hingga notifikasi melalui SMS muncul.
  7. Jika notifikasi sudah ada maka pulsa telah berhasil dikirimkan.
  8. Anda juga dapat melakukan pengecekan pada nomor tujuan pulsa yang dikirim, apakah sudah masuk atau belum.

Eits… Anda juga dapat langsung menggunakan kode dial *858*nomor tujuan transfer*nominal pulsa yang akan ditransfer#. Contohnya: *858*082200000000*5#.

Jika Anda menggunakan kode dial tersebut, langkah-langkahnya akan jauh lebih mudah. Setelah itu Anda hanya perlu melakukan konfirmasi transfer pulsa dengan cara ketik angka 1. Setuju.

Sebenarnya cara tersebut sama saja, perbedaan hanya pada penambahan nomor tujuan transfer dan nominal pulsa yang diransfer dibbelakang kode dial *858*.

2. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Via Aplikasi MyTelkomsel / MyTelkomsel App

Selain menggunakan kode USSD, Anda juga dapat melakukan transfer pulsa ke sesama Telkomsel dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel.

Cara yang kedua ini juga terbilang sangat mudah, hanya saja Anda perlu menggunakan sambungan internet dan menginstall aplikasi MyTelkomsel agar langkahnya dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, tampilan pada aplikasi MyTelkomsel juga mudah dipahami karena Anda tidak perlu menginput “kode-kode” seperti cara yang pertama, cukup beberapa klik dan pulsa berhasil dikirimkan.

Ini dia cara transfer pulsa Tellkomsel ke Telkomsel dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel, yaitu:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel diperangkat Anda, sebelumnya silahkan login terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya scroll sedikit kebagian bawah pada tampilan utama aplikasi ini, bisa Anda lihat pilihan menu Kirim Hadiah.
  3. Kemudian masukkan nomor Telkomsel tujuan.
  4. Pilih kategori hadiah yang akan diberikan, diantaranya: Internet, Pulsa, Luar Negeri, Hiburan, Telepon & SMS, dan Kirim Pulsa. Silahkan klik Kirim Pulsa.

    Klik Kirim Pulsa

    Klik Kirim Pulsa

  5. Lalu pilih denominasi pulsa yang akan Anda kirim, jika ingin transfer pulsa dibawah Rp. 10.000 maka klik Others. Kemudian masukkan nominal kirim pulsanya (minimal Rp. 5.000), klik Lanjutkan.
  6. Disini juga dapat Anda lihat nominal biaya transfer yang akan dikurangi dari sisa pulsa Anda.
  7. Pada Metode Pembayaran, pilih Pulsa. Selanjutnya klik Beli.
  8. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor Anda sebanyak 4 digit, klik Kirim.
  9. Pembelian sedang diproses, tunggu sebentar tidak sampai 1 menit SMS notifikasi masuk dari 858.
  10. Jika transfer pulsa berhasil, maka isi SMS nya seperti ini: “Terima kasih, Anda telah berhasil melakukan transfer pulsa sebesar Rp. …. ke nomor …….. dengan tarif Rp. ….”.

Syarat dan Ketentuan

  1. Saldo pulsa minimum Rp. 5.000.
  2. Saldo pulsa minimum setelah transfer Rp. 2.000, pastikan pulsa mencukupi.
  3. Jumlah kredit yang dapat ditransfer mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 200.000 dengan kelipatan Rp. 1.000. Contohnya: Rp. 5.000, Rp. 6.000, Rp. 7.000.
  4. Transfer kredit maksimum untuk setiap transaksi Rp. 1.000.000. Sedangkan maksimal akumulasi transfer pulsa yang dapat diterima 1 nomor telepon per 1 harinya adalah Rp. 10.000.000.
  5. Transfer pulsa dapat dilakukan lebih dari 1 kali ke nomor lain.
  6. Transfer pulsa juga dapat dilakukan lebih dari 1 kali ke nomor yang sama.
  7. Pengiriman pulsa harus dalam masa aktif (tidak dalam masa tenggang).

3. Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel Via T-Sel Menu

Cara transfer pulsa ke sesama Telkomsel yang ketiga ini menggunakan T-Sel Menu. T-Sel Menu biasanya akan otomatis muncul di handphone Anda pada saat kartu sudah dipasang ke handphone.

Namun tidak sedikit juga beberapa perangkat handphone yang tidak muncul T-Sel Menunya.

T-Sel Menu

T-Sel Menu

Jika di handphone Anda tidak ada T-Sel Menu ini, maka Anda dapat mengikuti kedua cara diatas saja. Berikut cara transfer pulsa Telkomsel ke Telkomsel via T-Sel Menu.

  1. Buka aplikasi T-Sel Menu, klik Transfer Pulsa.
  2. Muncul dua pilihan, yang pertama Pilih dari phonebook SIM Card atau yang kedua Input Nomor. Artinya, jika nomor tujuan transfer Anda tersimpan di kontak telepon maka Anda bisa pilih opsi yang pertama. Namun, jika nomor tidak tersimpan maka opsi yang kedua adalah pilihan yang tepat.
  3. Sebagai contoh saya memilih opsi yang kedua yaitu Input Nomor. Masukkan nomor tujuan, lalu klik Oke.
  4. Masukkan nominal transfer, lalu klik Oke.
  5. Seperti 2 cara diatas, konfirmasi pulsa yang dikirim. Pilih Setuju dengan cara ketik angka 1.“Terima kasih permintaan Anda sedang diproses” klik Oke.
  6. Cara transfer pulsa ke sesama Telkomsel yang terakhir ini juga telah berhasil.

Dari ketiga cara diatas Anda dapat mengikuti salah satu cara diantaranya. Hampir sama, hanya sedikit berbeda pada langkah-langkahnya saja. Pastikan pula Anda memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan transfer ya.

Demikian Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel 2020, jika terdapat kekeliruan silahkan tulis komentar dibawah, sebisa mungkin saya akan bantu.