Cara upgrade DANA Premium sangatlah mudah, Anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini dengan gampang sehingga langsung berhasil terverifikasi.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial cara upgrade akun DANA menjadi DANA Premium. Sebelum ketahap intinya, perlu kita ketahui beberapa fitur dan manfaat saat melakukan verifikasi DANA Premium.

Cara Upgrade DANA Premium

Cara Upgrade DANA Premium

Meskipun mudah, namun tetap saja resiko gagal juga mungkin terjadi jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat dan asal-asalan.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi DANA merupakan salah satu dompet digital (e-wallet) yang sudah banyak digunakan di Indonesia.

Maka dari itu tak heran jika saat ini banyak toko, restaurant, dan tempat lainnya yang menyediakan dan memperbolehkan pembayaran dengan menggunakan aplikasi DANA.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Telkomsel 2020 [GAMPANG!!]

Sehingga tidak hanya menggunakan fitur-fitur pada aplikasi DANA saja seperti membeli pulsa, membayar tagihan listrik, membeli token listrik, bayar BPJS, dan lain-lain.

Namun Anda juga dapat menjadikan akun DANA Anda sebagai metode pembayaran saat belanja di toko yang tentunya mendukung metode pembayaran tersebut.

Contohnya dengan cara men-scan (pindai) kode QR sipenjual (kasir) atau Anda juga dapat melakukan pembayaran dengan cara kirim ke nomor telepon atau kirim ke chat.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Upgrade DANA Premium

Terlepas dari penjelasan diatas, untuk memulai proses upgrade sangatlah mudah. Sebelum Anda melakukan cara upgrade DANA Premium perhatikan pula hal yang harus Anda persiapkan sebagai berikut:

1. E-KTP/KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Nantinya Anda akan diminta untuk foto E-KTP/KTP (Kartu Tanda Penduduk) bagian depan dan juga foto selfi bersamaan dengan memegang E-KTP/KTP.

2. Dokumen Pendukung

Dokumen pendukung yang dimaksud seperti Kartu Keluarga, SIM, dan lainnya. Namun perlu diingat bahwa melampirkan dokumen pendukung hanya perlu digunakan jika E-KTP/KTP tidak dapat terbaca dengan jelas.

Akan tetapi hal yang satu ini sangat jarang diperlukan, karena biasanya pada saat proses upgrade hanya E-KTP/KTP yang diperlukan untuk verifikasi.

Cara Upgrade DANA Premium Dengan Mudah Langsung Jadi

  1. Buka dan login aplikasi DANA di handphone Anda.
  2. Klik icon Saya di pojok kanan bawah pada halaman utama aplikasi DANA.

    icon saya pada pojok kanan bawah

    Icon saya pada pojok kanan bawah

  3. Selanjutnya, klik Verifikasi Akun Anda.
  4. Lalu muncul tampilan beberapa fitur saat nanti akun sudah di upgrade ke premium, klik Daftar Sekarang.

    Klik Daftar Sekarang

    Klik Daftar Sekarang

  5. Siapkan E-KTP dan dokumen pendukung, klik tombol Mulai Yuk!.

    Klik Mulai Yuk!

    Klik Mulai Yuk!

  6. Verifikasi Identitas, foto E-KTP/KTP dibagian depan dan pastikan foto dengan jelas dan tidak buram, klik Lanjut.

    Foto E-KTP/KTP dengan jelas

    Foto E-KTP/KTP dengan jelas

  7. Verifikasi Wajah, klik tombol Mulai kemudian foto selfi bersamaan dengan E-KTP/KTP sebelumnya.

    Foto selfi sambil memegang E-KTP/KTP

    Foto selfi sambil memegang E-KTP/KTP

  8. Hampir Selesai, periksa kembali kebenaran rincian nomor dan nama sesuai dengan E-KTP/KTP, klik Kirim.

    Periksa kembali kebenaran datanya

    Periksa kembali kebenaran datanya

  9. Mengecek kelengkapan data, tunggu sebentar Pengiriman Data Berhasil lalu klik Lihat Detail.
  10. Selamat Akun DANA Anda sudah berhasil diupgrade menjadi DANA Premium, klik Tutup.

    Akun DANA Premium berhasil di upgrade

    Akun DANA Premium berhasil di upgrade

Setelah cara Upgrade DANA Premium telah berhasil itu artinya langkah-langkah diatas telah selesai.

Baca juga: [UPDATE!!] Cara Tukar POIN Telkomsel Ke LinkAja 2020 MUDAH

Upgrade DANA Premium Gagal, Bagaimana Solusinya?

Jika Anda sudah mengikuti cara diatas, namun ternyata verifikasi DANA Premium gagal bagaimana solusinya? Saya sarankan ikuti beberapa tips dibawah ini, diantaranya:

1. E-KTP/KTP Difoto Dengan Jelas

Pada saat foto E-KTP/KTP pastikan difoto dengan jelas dan tidak buram, hal ini juga menjadi salah satu faktor berhasil atau tidaknya proses verifikasi DANA Premium.

Coba letakkan E-KTP/KTP Anda diatas kertas berwarna putih serta didukung dengan cahaya yang terang, begitupun pada saat foto selfi dengan KTP.

2. Coba Cara Upgrade DANA Premium Dengan Jaringan Internet Stabil

Dikarenakan proses upgrade harus tersambung dengan jaringan internet, maka pastikan jaringan internet stabil hingga proses upgrade selesai.

Bisa saja jaringan internet terputus saat verifikasi dilakukan, sehingga menyebabkan gagalnya verifikasi.

3. Hubungi Customer Care DANA

Jika masih belum berhasil, Anda dapat menghubungi pihak DANA sesuai yang tertera di Contact Us aplikasi DANA.

  • Nomor telepon Customer Care: 1500 445
  • Email: help@dana.id
  • Chat via WhatsApp: +62 819-1150-0445
  • Isi formulir Kirim Pesan di aplikasi DANA

Anda dapat memilih dan mencoba menghubungi salah satu kontak diatas, jelaskan keluhanmu dengan detail. Pihak DANA pasti akan membantu secepat mungkin.

Baca juga: [UPDATE!!] Cara Tukar POIN Telkomsel Dengan Paket Data 2020

Kenapa harus Upgrade DANA Premium?

Kenapa harus Upgrade DANA Premium? karena fitur, manfaat, dan keuntungan akan jauh lebih banyak Anda dapatkan pada akun yang sudah diverifikasi jika dibandingkan dengan akun yang belum diverifikasi.

Perbedaan mencolok yang dapat langsung Anda lihat terletak pada jumlah batas saldo. Rp. 2.000.000 untuk akun DANA biasa dan Rp. 10.000.000 untuk akun DANA Premium.

Contoh Akun DANA Premium

Contoh Akun DANA Premium

Saya pribadi sudah menggunakan DANA sejak akhir tahun 2018 yang lalu sampai sekarang. Selain itu Anda juga dapat menautkan kartu kredit di akun DANA.

Terlebih lagi Anda juga dapat menautkan akun DANA diaplikasi belanja seperti Lazada, Bukalapak, Home Shopping, dan HappyFresh.

Untuk lebih jelasnya yuk cek fitur DANA Premium dibawah ini.

Fitur-fitur DANA Premium

Jika proses verifikasi DANA Premium sudah berhasil, maka Anda sudah bisa menikmati beberapa fitur yang hanya bisa didapatkan untuk tipe akun DANA Premium saja.

Setelah selesai melakukan cara upgrade DANA Premium, tidak ada salahnya jika Anda juga megetahui lebih rinci terkait fitur-fiturnya. Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut rinciannya.

1. Kirim Uang Dengan Mudah dan Aman

Anda dapat melakukan transfer ke sesama pengguna DANA dan juga ke rekening Bank. 3 fitur diantaranya: Kirim ke nomor telepon, kirim ke chat, dan juga kirim ke akun Bank.

Tidak ada biaya kirim dan minimal transfer melalui nomor telepon dan chat, transfer 1 perakpun bisa. Hal ini berbeda jika transfer ke akun Bank.

Selain kirim uang yang mudah, keamanan saldo DANA Anda tidak diragukan lagi. Tidak perlu takut saldo tiba-tiba hilang atau saat membeli pulsa tapi tidak masuk, karena aplikasi DANA sendiri sudah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia dan juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta penunjang keamanan lainnya sehingga dalam hal segi keamanan itu sudah terjamin.

2. Mendapatkan Lebih Banyak Cashback

Selain kirim uang dengan mudah dan aman, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak cashback dan penawaran juga keuntungan terbaik yang hanya bisa Anda dapatkan jika akun DANA Sudah Premium.

Baca juga: Cara Transfer DANA Ke GoPay GAMPANG BANGET!

3. Tarik dan Kirim Saldo DANA

Hampir sama seperti fitur yang pertama, Anda dapat melakukan tarik dan kirim saldo DANA ke rekening Bank lain (gratis biaya kirim 10 kali setiap bulan).

Hal tersebut berlaku untuk setiap transfer ke rekening Bank dengan minimal kirim senilai Rp. 50.000 agar mendapatkan gratis biaya kirim. Namun tidak berlaku jika nominal kirim dibawah Rp. 50.000 akan dikenai biaya transfer senilai Rp. 4.500.

Sedangkan minimal transfer ke rekening Bank adalah Rp. 10.000.

4. Batas Saldo Maksimal Jauh Lebih Besar

Batas saldo maksimal yang didapatkan adalah Rp. 10.000.000 (Rp. 10 Juta), penambahan batas saldo yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan akun DANA biasa.

Kesimpulan

Inti dari proses verifikasi DANA Premium ini terletak pada E-KTP/KTP yang didaftarkan serta cara Anda melakukan langkah-langkahnya, apakah dilakukan dengan cara yang benar? Jika ya, pasti verifikasi akan berhasil tanpa gagal.

Tidak seperti kebanyakan e-wallet lain, Upgrade akun DANA Premium tidak membutuhkan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Tidak sampai satu menit DANA Premium Anda sudah bisa langsung digunakan.

Demikian Cara Upgrade DANA Premium 2020 diatas dengan mudah, selamat mencoba dan semoga berhasil.