Bagaimana cara memperbaiki charger hp yang rusak? Ini dia caranya. Ketahui seperti apa langkah-langkah mengatasi kerusakan charger hp Anda.

Semua pengguna Android pasti pernah mengalami charger hp-nya (handphone) tiba-tiba rusak, seperti tidak tahu lagi cara memperbaikinya. Beli charger baru adalah solusi yang paling banyak dilakukan.

Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak Terbaru 2020

Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak Terbaru 2020

Ada beberapa cara memperbaiki charger hp yang rusak sebelum Anda membeli charger baru. Sebaiknya lakukanlah dulu perbaikan, jika memang sudah dicoba namun tidak teratasi pilihan terakhir adalah membeli charger hp baru.

Rusak disini dimaksudkan sebagai charger hp yang ketika dimasukkan ke slot/port tempat mengisi daya di handphone tidak berfungsi seperti biasanya.

Seperti durasi mengecas hp cenderung lama bertambah mengisi daya hp tidak seperti biasanya, “kok lama sekali? Sudah lama ngecas hp tapi dayanya tidak bertambah? Dan sebagainya”.

Slot/port (lubang) di tempat mencharge antara hp dengan charger sudah longgar juga banyak pengguna handphone yang mengalaminya.

Baca juga: Cara Transfer Saldo Paypal Ke Dana (Withdraw LANCAR)

Hal ini pada umumnya tidak terjadi pada Android saja, melainkan dapat terjadi juga pada Tablet, Notebook atau Laptop, Iphone, dan hampir semua yang berhubungan dengan kabel charger.

Penyebab Charger Hp Android Cepat Rusak

Sebelum ke tutorial cara memperbaiki charger hp yang rusak, perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang membuat charger hp Anda mengalami kerusakan, baik dibagian kepala charger, kabel penghubung, maupun port yang dimasukkan ke lubang isi daya handphone.

Apa saja penyebab charger hp android cepat rusak? Berikut diantaranya:

1. Sering Dipakai Untuk Mencharge Hp Lain

Sering Dipakai Untuk Mencharge Hp Lain

Sering Dipakai Untuk Mencharge Hp Lain

Setiap pembelian handphone baru, si pembeli pasti akan mendapatkan charger original bawaan handphone. Ketika charger hp Anda digunakan pada banyak handphone akan mengakibatkan chargernya cepat rusak.

Hindari pemakain charger secara bergantian di beda-beda jenis handphone. Sebaiknya gunakan saja pada handphone Anda atau handphone dengan 1 merek juga 1 tipe dengan milik Anda.

Banyak orang yang belum menyadari, padahal hal ini bisa menjadi salah satu faktor kenapa charger hp Anda mengalami kerusakan dengan cepat.

2. Memainkan Hp Pada Saat Sedang Mencharge

Selain membuat charger Hp Anda cepat rusak, tanpa Anda sadari hal ini juga akan menurunkan kinerja handphone Anda.  Keduanya akan terdampak, maka sebaiknya jangan lakukan hal ini.

Jika pada saat Anda mencharge handphone biarlah tunggu sampai isi daya penuh (full) terlebih dahulu.

3. Meletakkan Disembarang Tempat

Tidak dapat dipungkiri masih banyak yang memiliki kebiasaan seperti ini. Mungkin pada saat awal membeli handphone baru, semuanya diperhatikan dan dijaga dengan baik. Namun, hal ini jadi berubah seiring berjalannya waktu.

Charger hp diletakkan disembarang tempat, yang diperhatikan hanya handphone nya saja. Padahal hal ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa charger hp Anda cepat rusak.

Baca juga: Ini Dia!! Cara Transfer Saldo Dana Ke OVO Terbaru 2020

4. Penyebab Lain Charger Hp Cepat Rusak

Jangan terlalu sering mencabut dan mencolokkan charger berulang kali. Bisa saja antara slot/port dengan charger lama-kelamaan akan rusak (charger sudah tidak bisa tercolok lagi di handphone).

Kemudian penyebab lainnya adalah karena charger yang dipakai bukan yang original atau bawaan dari handphone.

Setelah charger bawaan handphone rusak, biasanya kebanyakan orang akan membeli charger baru. Banyak charger dijual bukan yang original, sehingga lebih cepat rusak dibandingkan dengan yang sebelumnya dapat dari bawaan awal pembelian.

Ada harga ada pula kualitasnya, jika harganya murah kemungkinan kualitasnya juga rendah, dan sebaliknya. Lebih baik 1 kali beli yang agak mahal dibandingkan beli dengan harga murah namun sering rusak.

Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak

Setelah mengetahui apa saja penyebab charger hp cepat rusak, selanjutnya ketahui juga cara memperbaiki charger hp yang rusak dibawah ini.

1. Periksa Dan Cari Tahu Bagian Mana Yang Rusak

Ada 2 kemungkinan yang didapatkan, apakah rusaknya charger Anda terletak pada bagian kepala charger atau justru pada kabel datanya. Anda bisa pastikan dengan cara mencobanya ke handphone lain terlebih dahulu.

3 Permasalahan kerusakan charger hp

3 Permasalahan kerusakan charger hp

Tes dengan cara sambungkan kabel data Anda ke kepala charger hp lain, jika terhubung dan daya handphone terisi itu artinya kepala charger Anda yang rusak.

Untuk memastikannya, tes juga dengan kepala charger hp Anda ke kabel data hp lain, jika memang tidak terisi dayanya kerusakan memang terjadi pada bagian kepala charger.

Begitupun sebaliknya, jika ternyata masalah terletak pada kabel data. Namun setelah diperiksa dan di coba ganti ternyata tetap tidak mengisi, artinya charger hp Anda memang perlu diganti dengan yang baru, charger hp sudah mati total.

2. Permasalahan Yang Terletak Pada Kabelnya

Periksa kembali lebih spesifik, apakah kabelnya yang putus atau konektor pin yang kotor. Konektor pin yang kotor ternyata juga bisa menyebabkan handphone tidak tersambung dengan charger pengisi daya.

3. Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak (Kabel Putus Pada Sambungan Ke Charger)

Bagaimana cara memperbaikinya? Untuk kabel yang putus solusinya coba Anda gunakan kabel data lain atau potong lalu cek bagian sebelah mana yang putus. Kemudian potong kabel yang putus lalu sambungkan kembali, hati-hati rekatkan dan tutupi hasil sambungan tadi.

Namun, tetap saya sarankan agar Anda mengganti saja kabel datanya dengan yang baru. Tidak perlu beli sekaligus dengan kepala charger, cukup beli kabel datanya saja.

4. Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak Pada Konektor Pin Yang Kotor

Sedangkan jika setelah diperiksa kabelnya tidak ada yang putus coba Anda bersihkan setiap saat Anda akan menggunakan charger tersebut. Bersihkan dengan tisu pada sela-sela port (konektor pin) hingga bersih.

Baca juga: Cara Membuat Email Tanpa Nomor Hp (Telepon) 2020

5. Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak Pada Port USB

Perbaiki port USB penghubung Antara kepala charger dengan kabel data yang bermasalah. Seperti slot yang penyok atau permasalahan lain terkait port USB. Caranya dengan menggunakan suatu alat agar lurus kembali seperti menggunakan tusuk gigi atau peniti.

6. Bagaimana Jika Charger Tidak Berhasil Diperbaiki?

Bagaimana Jika Charger Tidak Berhasil Diperbaiki?

Bagaimana Jika Charger Tidak Berhasil Diperbaiki?

Jika permasalahan diatas telah Anda coba dan ternyata masih tidak bisa, sepertinya Anda harus membeli charger hp yang baru saja atau antarkan ke tukang service untuk diperbaiki karena charger tersebut sudah mati total.

Demikian cara memperbaiki charger hp yang rusak, semoga berhasil. Sekali lagi, jika dirasa charger sudah tidak bisa diperbaiki lebih baik serahkan pada orang yang ahli dan mengerti cara memperbaikinya atau solusi lain beli charger baru.

Jaga dengan baik agar charger lebih awet kedepannya. Jika sudah terjadi kerusakan, maka dilain waktu jangan lakukan kesalahan lagi agar tidak terjadi kembali hal seperti ini atau setidaknya meminimalisir kesalahan terulang kembali.