Twitter itu bukan cuma tempat buat nge-tweet, upload foto, atau video, tapi juga bisa buat nonton live broadcast. Apa itu live broadcast? Ya, itu kayak siaran langsung gitu, tapi dari aplikasi Twitter. Jadi, kalo ada yang lagi ngelive, kita bisa nonton dan ikutan ngobrol sama mereka. Seru kan? Kayak Facebook Live atau Instagram Live, tapi lebih asyik dan gampang. Kalo ngelive, kita bisa kasih konten yang segar dan spontan, sambil nge-brand diri kita dan bikin pengikut kita makin betah. Gimana cara melihat live di Twitter? Yuk, simak tips berikut ini.

Daftar Isi

Cara Melihat Live di Twitter

1.Buka Aplikasi Twitter

Sebelum nonton live di Twitter, pastinya kita harus buka aplikasi Twitter dulu dong. Kalo belum punya aplikasi Twitter, buruan deh download dari Google Play Store atau App Store. Gratis kok, gak usah bayar. Abis itu, buka aplikasi Twitter dan masuk pake akun kita. Kalo belum punya akun, ya bikin dulu lah. Gampang kok, tinggal isi nama, email, sama password.

2.Cari Live Broadcast yang Mau Ditonton

Nah, sekarang kita udah masuk ke aplikasi Twitter. Gimana caranya nyari live broadcast yang mau ditonton? Ada beberapa cara sih. Salah satunya adalah pake fitur Explore. Fitur ini ada di bawah layar dan bentuknya kayak kaca pembesar.

Kalo kita ketuk fitur Explore, kita bakal liat berbagai macam hal yang lagi rame di Twitter, termasuk live broadcast. Kita bisa ketuk ikon play buat nonton live broadcast yang lagi berlangsung, atau ketuk ikon kalender buat liat jadwal live broadcast yang bakal datang.

Selain pake fitur Explore, kita juga bisa nyari live broadcast pake fitur Search. Fitur ini ada di atas layar dan bentuknya juga kayak kaca pembesar. Kalo kita ketuk fitur Search, kita bisa ketik apa aja yang berhubungan sama live broadcast yang mau ditonton, misalnya nama orangnya, topiknya, atau hashtag-nya. Abis itu, kita bisa ketuk ikon filter buat milih kategori Live sebagai hasil pencarian kita. Kita bakal liat daftar live broadcast yang cocok sama apa yang kita cari.

Cara lainnya buat nyari live broadcast adalah dengan follow akun-akun yang sering ngelive di Twitter. Misalnya, akun media, artis, influencer, atau brand. Kalo kita follow akun-akun itu, kita bakal dapet notifikasi tiap kali mereka ngelive. Kita juga bisa liat live broadcast mereka di timeline atau profil mereka.

3.Nonton dan Ikutan Ngobrol sama Live Broadcast

Setelah kita nemu live broadcast yang mau ditonton, tinggal ketuk videonya aja buat mulai nonton. Videonya bakal muncul full screen dan kita bisa liat berapa banyak orang yang nonton dan berapa lama siarannya di atas layar. Di bawah layar, kita bisa liat komentar dan reaksi dari orang-orang lain yang nonton, dan juga bisa kasih komentar dan reaksi kita sendiri.

Buat kasih komentar, tinggal ketik aja apa yang mau dikatain di kolom chat dan tekan tombol kirim. Buat kasih reaksi, tinggal ketuk aja ikon hati buat kasih like atau ikon emoji buat kasih ekspresi lain.

Selain itu, kita juga bisa bagi-bagi live broadcast yang lagi ditonton sama follower atau temen-temen kita. Caranya adalah dengan ketuk ikon share yang ada di kanan bawah layar. Kita bisa pilih mau kirim link live broadcast lewat Direct Message (DM), tweet, atau aplikasi lain kayak WhatsApp atau Line.

Baca Juga: Tutorial Lengkap Cara Melihat Trending Twitter Dunia

Kalo kita mau keluar dari live broadcast, tinggal ketuk layar aja buat keluarin tombol close dan ketuk tombol itu buat balik ke halaman sebelumnya. Kalo siarannya udah selesai, videonya bakal disimpen di profil yang ngelive dan bisa ditonton lagi sama orang lain.

Nah, itu dia cara melihat live di Twitter. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif buat kalian. Kalo ada pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.