Daftar Isi

Apa Itu CPU Komputer?

CPU Komputer atau Central Processing Unit adalah salah satu perangkat keras dalam sistem komputer. Menjadi bagian penting, untuk bisa membuat CPU disebut sebagai otak dari komputer. Hal ini tentunya karena, CPU bertanggung jawab untuk melakukan semua pekerjaan dari setiap tindakan yang dilakukan komputer, dan menjalankan program.

Fungsi Utama CPU Komputer

Fungsi utama CPU ialah melakukan operasi aritmatika dan juga logika atas data yang diambil dari informasi atau memori bisa langsung dimasukkan ke komputer. Contohnya saja, melalui beberapa perangkat keras seperti tetikus (mouse), tuas kontrol, papan tombol, sampai pemindai.

Cara Kerja dari CPU

Secara sederhana, proses cara kerja CPU yang ada di komputer, yakni dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Fetching (Mengambil)

CPU komputer bekerja dengan mengambil instruksi dari memori komputer. Lalu bisa menyimpannya di bagian unit kendali yang disebut Register Instruksi (IR).

2. Decoding (Mengkode)

CPU ini nantinya akan langsung mengirimkan instruksi dari IR ke decoder instruksinya. Kemudian, rangkaian kombinatorial tersebut tentunya akan menerjemahkan instruksi menjadi sinyal.

Instruksi ke dalam bentuk yang bisa langsung dimengerti oleh CPU, yakni dengan bahasa mesin (biner). Secara khusus, akan langsung mencari alamat instruksi yang sesuai. Kemudian, langsung meneruskan permintaan ke Random Access Memory (RAM).

3. Executing (Melaksanakan)

Sinyal yang sudah dikodekan, berikutnya bisa langsung bergerak ke tujuan yang relevan di CPU. Hal ini tentunya untuk fase eksekusi. Di mana CPU komputer akan langsung melaksanakan instruksi yang diberikan.

4. Storing (Menyimpan)

Hasil eksekusi akan langsung kembali ke memori. Tujuannya untuk bisa langsung diambil ketika diminta. Istilah ini dikenal dengan “writing to memory”.

Bagian-Bagian dari CPU

CPU komputer terdiri dari beberapa bagian yang saling bekerja sama. Hal ini tentunya untuk bisa langsung menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer, di antaranya adalah:

1. Arsitektur CPU

Arsitektur CPU merupakan salah satu bagian yang menjelaskan cara kerja CPU dalam menjalankan instruksi-instruksi yang akan diberikan kepada komputer. Arsitektur CPU terdiri dari beberapa bagian, seperti register, ALU (Arithmetic and Logic Unit), dan control unit. Untuk download CPU z laptop sendiri sangat mudah.

2. Clock Speed

Clock speed adalah salah satu kecepatan maksimum yang bisa langsung dicapai oleh CPU dalam menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer. Clock speed satu ini dinyatakan dalam Hertz (Hz) atau megahertz (MHz).

3. Core

Core termasuk salah satu bagian dari CPU yang bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer. Saat ini, ada beberapa jenis CPU sudah memiliki lebih dari satu core. Sehingga bisa langsung menjalankan lebih dari satu instruksi secara bersamaan.

4. Cache

Cache juga termasuk salah satu bagian dari CPU yang digunakan untuk menyimpan data yang sering diakses oleh CPU. Dengan adanya cache, CPU ini bisa langsung mengakses data dengan lebih cepat. Sehingga dapat langsung meningkatkan kecepatan komputer.

Dan itulah penjelasan tentang Pengertian CPU Komputer: Cara Kerja dan Bagiannya, Lengkap Banget!. Sudah terbayarkan penasaranmu dengan penjelasan ini? semoga bermanfaat.