Bagaimana cara ambil uang di ATM BRI? Seperti apa langkah-langkah cara menarik uang di ATM BRI? Ketahui update cara terbaru berikut ini.

Melakukan penarikan uang yang terdapat pada rekening Bank Anda dapat diambil langsung ke teller Bank atau juga melalui ATM.

Cara Ambil Uang Di ATM BRI Terbaru 2020

Cara Ambil Uang Di ATM BRI Terbaru 2020

Secara mandiri Anda tidak perlu datang ke Bank untuk melakukan penarikan uang maupun transfer uang, Anda dapat melakukan keduanya di mesin ATM terdekat Anda.

Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan ATM? Anda perlu membuka terlebih dahulu rekening Bank baru.

Setiap nasabah yang membuka rekening akan diberikan kartu ATM agar nasabahnya dapat melakukan transfer maupun tarik tunai kapan saja tanpa ada batas waktu atau jam kerja.

ATM inilah yang dapat Anda gunakan sebagai media untuk bisa melakukan suatu transaksi di mesin ATM.

Tarik tunai maupun transfer dapat Anda lakukan di mesin ATM tanpa harus pergi ke Bank asal pembuatan rekening. Seperti yang Anda ketahui untuk melakukan cara ambil uang di ATM BRI, maka Anda harus memiliki ATM BRI nya.

Perhatikan Ini Sebelum Ambil Uang Di ATM BRI

Sebelum Anda mengetahui cara menarik uang di ATM BRI, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut diantaranya:

1. Pastikan Uang Di ATM Mencukupi Untuk Di Ambil

Hal yang satu ini tentu sangat penting, jangan sampai Anda sudah berada di depan mesin ATM ternyata tidak dapat melakukan penarikan karena uang yang tidak mencukupi.

Jika uang yang akan diambil didapatkan dari transferan orang lain atau keluarga, maka sebaiknya tanyakan betul-betul bahwa uang memang sudah berhasil ditransfer.

Baca juga: Cara Transfer Saldo Paypal Ke Dana (Withdraw LANCAR)

Akan tetapi, jika uang tersebut memang hasil tabungan Anda maka alangkah baiknya dicek terlebih dahulu saldo pada ATM sebelum melakukan penarikan di ATM BRI. Apabila saldo memang mencukupi, maka lanjut ke penarikan uangnya.

Jangan Lupa PIN ATM BRI

Dari awal pembuatan rekening dan ATM BRI, pasti Anda sudah diminta untuk membuat PIN ATM. PIN itulah yang digunakan untuk membuka sebelum melakukan suatu transaksi pada mesin ATM.

Jika sampai lupa, melanjutkan tarik uang di ATM BRI tidak dapat dilakukan. Anda perlu mengurusnya terlebih dahulu di Bank untuk mendapatkan solusinya.

Maka dari pada itu, catat saja PIN-nya dari pada nanti sewaktu-waktu lupa.

Untuk meningkatkan keamanan saat bertransaksi di ATM BRI, Lakukan 3 tips berikut ini.

  • Jaga kerahasiaan PIN
  • Ganti PIN Anda secara berkala dengan PIN yang belum pernah dipergunakan
  • Tutup dengan tangan saat menekan nomor PIN

Pastikan Transaksi Sudah Selesai Sebelum Meninggalkan Mesin ATM BRI

Hal ini sangat penting, jangan pernah tinggalkan mesin ATM jika transaksi penarikan uang belum selesai. Pada dasarnya melakukan transaksi apapun baik itu transfer uang, ambil uang atau transaksi lain di mesin ATM selesaikanlah terlebih dahulu sampai selesai.

Tentunya Anda tidak ingin terjadi sesuatu yang nantinya akan merugikan diri sendiri karena hal ini. Mesin ATM apapun, baik BRI maupun Bank lain.

 

Berikut langkah-langkah cara ambil uang di ATM BRI

1. Cari Dan Pergi Ke ATM BRI Terdekat

Pergilah ke ATM BRI tedekat tempat Anda berada untuk menghindari jarak yang jauh. Jika sudah sampai, cara ambil uang di ATM BRI bisa segera dilanjutkan.

2. Masukkan ATM Ke Mesin ATM BRI

Masukkan ATM dengan posisi yang benar, jangan sampai terbalik. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Masukkan ATM dengan posisi yang benar

Masukkan ATM dengan posisi yang benar

Sensor ATM yang warna hitam di sebelah kanan bawah dan chip-nya berada di depan.

3. Silahkan Pilih Bahasa

Pilih bahasa Indonesia

Pilih bahasa Indonesia

Terdapat 2 pilihan bahasa, diantaranya bahasa Indonesia atau Inggris. Pilih bahasa Indonesia.

Baca juga: Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke BRI [LENGKAP]

4. Tips Aman Bertransaksi Di ATM

Muncul tampilan “Tips Aman Bertransaksi Di ATM”, baca 3 poin tips yang diberikan. Jika sudah, klik Lanjutkan saja.

5.Masukkan PIN ATM BRI Anda

PIN ATM Jangan sampai salah

PIN pada kartu ATM harus benar

Tutup tangan Anda saat sedang memasukkan PIN sesuai intruksi pada mesin ATM, jangan sampai orang lain tahu.

6. Pilih Jumlah Paket Tunai

Pilih jumlah nominal uang yang akan diambil. Ada 6 pilihan, yaitu Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 300.000, Rp. 500.000, Rp. 1.000.000, Rp. 1.500.000, atau Rp. 2.000.000 (uang kertas Rp. 100.000-an).

Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 300.000, Rp. 500.000, Rp. 750.000 atau Rp. 1.000.000 (uang kertas Rp. 100.000-an).

Pilih Jumlah Paket Tunai

Pilih jumlah paket tunai

Namun jika jumlah nominal tidak ada yang sesuai dengan nominal uang yang akan Anda tarik, contohnya Rp. 250.000.

Caranya pada tampilan Pilih Jumlah Paket Tunai, klik bagian Transaksi Lain. Selanjutnya pilih Penarikan, lalu masukkan nominal yang akan Anda tarik (contoh: Rp. 250.000), klik Benar.

7. Transaksi Sedang Diproses

Tunggu sebentar sampai uang yang ditarik keluar dari mesin ATM, kemudian ambil struk bukti penarikan.

Jika Anda ingin melakukan transaksi lagi maka pilih Ya, sedangkan jika sebaliknya maka pilih Tidak lalu ambil ATM Anda.

8. Cara Ambil Uang Di ATM BRI Selesai

Proses penarikan uang di ATM BRI telah selesai dilakukan. Cara yang mudah bukan? Demikian cara ambil uang di ATM BRI. Lakukan cara yang sama seperti langkah-langkah diatas apabila Anda ingin mengambil uang di ATM BRI lagi dilain waktu.

 

Cara Cek Saldo Di ATM BRI

Informasi tambahan untuk Anda, yaitu apabila pada saat proses penarikan uang Anda ragu dengan jumlah isi saldo pada rekening tabungan Anda, maka lakukan pengecekan saldonya terlebih dahulu untuk memastikan jumlah uang yang akan ditarik mencukupi atau tidaknya.

Baca juga: UPDATE Cara Memperbaiki Charger Hp Yang Rusak Terbaru 2020

Anda bisa mengeceknya pada saat tampilan Pilih Jumlah Paket Tunai, diantara nominal yang dapat Anda pilih lihat pada pojok kanan bawah klik bagian Transaksi lain.

Kemudian pilih Informasi Rekening, lalu klik Info Saldo. Tunggu proses sebentar, Informasi Saldo Anda tampil dengan rincian jumlah saldo pada ATM Anda.