Berdasarkan artikel tersebut, jelaskan perubahan dari pengaruh pengakuan kedaulatan RI terhadap sistem moneter Indonesia, khususnya uang?

 

Jawaban: Perubahan yang terjadi karena pengaruh pengakuan kedaulatan RI antara lain Indonesia dapat memiliki lembaga bank sentral sendiri.

Semula, fungsi bank sentral dipercayakan kepada De Javasche Bank (DJB). Kemudian, 17 Agustus 1950 pemerintah RIS dibubarkan dan kembali ke bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada saat itu, kedudukan DJB tetap sebagai bank sirkulasi. Lantas, sejak berlakunya Undang-undang Pokok Bank Indonesia pada tanggal 1 Juli 1953, bangsa Indonesia telah memiliki sebuah lembaga bank sentral dengan nama Bank Indonesia.

Sebelum Bank Indonesia berdiri, segala kebijakan moneter, perbankan, dan sistem pembayaran berada di tangan pemerintah.

Setelah Bank Indonesia berdiri, pemerintah Indonesia terus berupaya untuk memperkuat sistem perbankan melalui pendirian bank-bank baru.

Akhirnya, setelah sekian lama berlaku sebagai acuan hukum pengedaran uang di Indonesia, Indische Muntwet 1912 diganti dengan aturan baru yang dikenal dengan Undang-undang Mata Uang 1951.

 

Disclaimer : Kunci jawaban soal ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan jawaban maka itu hanya kebetulan saja.