Cara Mencari Alamat Email Yang Lupa Dengan Mudah ANTI GAGAL!

Cara mencari alamat email yang lupa di android ini cukup efektif dan mudah untuk dicoba. Selain itu, juga bisa melalui laptop, PC, dan perangkat lain.

Banyak faktor yang menyebabkan kenapa kita harus memulihkan kembali ataupun melakukan pencarian alamat email yang telah lupa, baik itu karena passwordnya maupun karena faktor lain.

Cara Mencari Alamat Email Yang Lupa
Cara Mencari Alamat Email Yang Lupa

Mungkin saja ini dikarenakan alamat email (gmail) yang telah lama dan ingin dibuka kembali dikarenakan terdapat hal penting didalamnya.

Jangan putus asa dan berkecil hati terlebih dahulu dengan beranggapan bahwa akun google Anda tidak dapat dipulihkan kembali seperti semula. Coba lakukan beberapa cara sesuai tutorial dibawah ini dan semoga alamat email yang dicari berhasil dipulihkan.

Pada umumnya ada dua cara mencari alamat email yang lupa, melalui email pemulihan atau nomor telepon. Pemulihan akan lebih mudah jika akun email anda tertaut pada email pemulihan maupun nomor telepon yang masih aktif, sehingga dapat memudahkan dalam pencarian alamat email yang lupa.

1. Cara Mencari Alamat Email yang Lupa Melalui Nomor Telepon Pemulihan

  • Buka melalui browser pada perangkat Anda,  lalu ketikan “login akun Google”.
  • Saat diminta untuk memasukkan alamat email, Klik Lupa Email?.
  • Setelah itu masukkan nomor telepon yang pernah dikaitkan pada akun email tersebut. Lalu klik Berikutnya.
  • Kemudian masukkan nama pada akun Google anda (nama depan dan nama belakang), jika sudah klik Berikutnya.

    Masukkan Nama Pada Akun Google
    Masukkan Nama Pada Akun Google
  • Pada tampilan dapatkan kode verifikasi, silakan klik Kirim seperti pada gambar dibawah ini.
  • Selanjutnya anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon pemulihan tersebut.
  • Buka pesan di handphone anda, lalu masukkan Kode verifikasi  angka 6 digit, klik Berikutnya.

    Masukkan Kode Verifikasi
    Masukkan Kode Verifikasi
  • Maka email yang dimaksud akan tampil dan dapat anda gunakan seperti semula.

Baca juga: Cara Membuat Email Tanpa Nomor HP (Telepon) 2021 [GMAIL]

2. Cara Mencari Alamat Email yang Lupa Melalui Email Pemulihan

  • Buka browser handphone maupun perangkat lain, lalu klik link berikut https://accounts.google.com/signin/v2/usernamerecovery.
  • Setelah itu Anda akan dialihkan ke Pemulihan Akun Google, dengan cara memasukkan alamat email pemulihan yang tertaut. Lalu klik Berikutnya.

    Masukkan Email Pemulihan
    Masukkan Email Pemulihan
  • Masukkan nama depan dan nama belakang akun Google.
  • Selanjutnya pada tahap ini Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email pemulihan. Klik Kirim.

    Kirim Kode Verifikasi Ke Email Pemulihan
    Kirim Kode Verifikasi Ke Email Pemulihan
  • Periksa email Anda lalu masukkan kode yang dikirimkan ke alamat email pemulihan. Kemudian klik Berikutnya.
  • Selesai, alamat email yang Anda cari berhasil dipulihkan.

    Alamat Email Berhasil Dipulihkan
    Alamat Email Berhasil Dipulihkan

Kedua cara tersebut sebenarnya hampir sama saja, yang membedakan hanya terletak pada email dan nomor handphone tersebut.

Hal ini tergantung pada akun email Anda sendiri, jika tertaut dengan nomor telepon itu artinya menggunakan cara yang pertama. Sedangkan jika akun email tertaut dengan email pemulihan, maka Anda harus menggunakan cara yang kedua.

Baca juga: Cara Melihat Alamat Email Sendiri Dengan Mudah 100% BERHASIL

Tips Cara Mencari Alamat Email Yang Lupa

Itu dia cara mencari alamat email yang lupa, bagaimana? bukankah sangat mudah? Jika masih mengalami kesulitan, silakan simak terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini agar pemulihan akun Google bisa dicari kembali.

1. Alamat Email yang Dicari Dipastikan Tertaut Nomor Telepon atau Email Pemulihan

Hal ini sangat penting, karena merupakan kunci utama  pencarian alamat email yang lupa agar dapat dikembalikan seperti semula. Justru pemulihan akun Google akan sulit jika alamat email yang dimaksud tidak dikaitkan apa-apa.

Dikarenakan tidak ada proses verifikasi untuk pengamanan akun, maka hampir mustahil alamat email dapat dicari kembali, terlebih lagi lupa juga kata sandinya.

2. Saat Mencari Alamat Email yang Lupa Pastikan Jaringan Internet Stabil

Dikarenakan pada saat proses pemulihan akun Google ini harus tersambung dengan jaringan internet, maka dari itu Anda harus memastikan jaringan saat itu sedang stabil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Proses pencarian alamat email akan terganggu bahkan gagal jika sambungan internet tiba-tiba terputus, meskipun terbilang sepele tapi hal ini tidak boleh dianggap enteng.

Baca juga: [TERBARU] Cara Top Up ShopeePay Lewat DANA PASTI BERHASIL

Apakah Alamat Email yang Dicari Sudah Pasti Dapat Dipulihkan?

Mungkin pertanyaan ini akan terlintas di dalam benak Anda, apakah ada kemungkinan pemulihan akun akan gagal? Jawabannya mungkin saja, jika tahapannya tidak dilakukan dengan benar.

Apakah alamat email yang dicari sudah pasti dapat dipulihkan? Tentu saja, dengan catatan akun yang dimaksud tertaut dengan nomor telepon dan email pemulihan yang masih aktif, atau dalam kata lain nomor telepon dan email pemulihan masih dapat diakses.

Seperti halnya pada saat Anda membuat akun email baru akan dimintai nomor telepon untuk dikaitkan, hal ini bertujuan agar mempermudah proses pemulihan akun Google jika suatu saat nanti lupa kata sandinya.

Selain itu tingkat keamanan akun email anda akan sangat terjaga dan jadi lebih aman jika dibandingkan dengan akun yang tidak tertaut nomor telepon ataupun alamat email pemulihan lain.

Demikian tutorial cara mencari alamat email yang lupa di hp android maupun perangkat lain, tahapan di atas dapat langsung Anda coba dengan sangat mudah tanpa adanya kendala berarti.

Bagikan:

Tinggalkan komentar