Cara Membuka IMEI yang Terblokir – Ada beberapa penyebab yang membuat IMEI terblokir. Salah satu ialah karena adanya pemberlakuan aturan IMEI di Indonesia. Dimana setiap hp yang masuk ke pasar tanah air secara ilegal, maka tidak akan bisa digunakan karena IMEI-Nya terblokir oleh provider atas permintaan pemerintah.

Untuk mengecek apakah IMEI HP terblokir atau tidak kamu bisa lakukan pengecekan IMEI di Kemenperin. Berikut ini langkah-langkahnya :

Daftar Isi

Cara Cek IMEI HP

  1. Buka browser pada hp (browser bawaan atau pihak ketiga) dan kunjungi https://imei.kemenperin.go.id/.
  2. Lalu masukkan nomor IMEI, kemudian tekan “Enter”/
  3. Apabila HP yang kamu miliki resmi, maka akan muncul notifikasi “IMEI terdaftar di database Kemenperin”. Namu sebaliknya, jika HP muncul notifikasi “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin” maka HP kamu ilegal.
  4. Untuk hp yang tidak terdaftar di Kemenperin secara otomatis tidak bisa mendapatkan layanan seluler dari operator (tidak bisa telepon, SMS atau bahkan internetan) dan hanya bisa menggunakan akses Wifi.

Lalu apabila sudah terlanjur membeli HP seperti ini dan IMEI terblokir bagaimana? Tenang aja, karena ada cara untuk membuka blokirnya. Simak pembahasan di bawah ini.

Cara Membuka IMEI Terblokir

Berikut cara untuk membuka IMEI yang terblokir, baik hp Android ataupun iPhone :

  1. Langkah pertama kunjungi situs Bea Cukai dan mengisi formulir pendaftaran IMEI.
  2. Setelah perangkat hp didaftarkan dan data-data yang diperlukan sudah kamu isi, maka proses registrasi sudah selesai.
  3. Selanjutnya, kamu akan menerima kode QR dan juga nomor registrasi.
  4. Terakhir kunjungi kantor Bea Cukai setempat dan meminta persetujuan. Apabila permohonan disetujui, maka kamu harus membayar pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku dan hp tersebut bisa dipakai seperti biasanya nantinya.

Dan itulah penjelasan tentang Cara Mudah Membuka IMEI yang Terblokir. Sudah terbayarkan penasaranmu dengan penjelasan ini? semoga bermanfaat.