Cara merubah nama link Google Form sesuka hati sebenarnya sangat mudah dilakukan. Google Form  merupakan salah satu fitur Google, yang bisa membuat Kamu untuk mengisi formulir atau pertanyaan yang bisa kamu sebar ke masyarakat luas.

Dengan kemudahan untuk diisi oleh responden, yakni hanya dengan membagikan dan membuka link, maka tak heran jika Google Form banyak digunakan oleh orang dari berbagai belahan dunia.

Daftar Isi

Cara Merubah Nama Link Google Form dengan Sesuka Hati

Namun yang menjadi kelemahan dari fitur ini adalah linknya yang panjang, sehingga ada banyak orang yang lupa dan susah untuk mengingatnya. Seiiring dengan itu, untung saja ada alat yang dapat merubahnya menjadi pendek dan mudah diingat.

Dan jika kamu adalah salah satu orang yang ingin merubah nama link yang ada di Google Form, tapi masih belum tahu caranya, tenang! Di bawah ini ada 2 Cara merubah nama link Google Form dengan sesuka hati.

1. Menggunakan Bit.ly

Perlu diketahui bahwa Bit.ly merupakan salah satu situs online,  yang bisa membantu para pengguna  Google Form untuk menggantu linknya dengan sesuka hati dengan gratis.  Oleh karena itu, kita sangat menyarankan Kamu membuka website ini, untuk mengubah karakter yang terlalu panjang dengan kombinasi huruf dan angka yang sangat membingungkan.

Untuk dapat membuka halaman Bit.ly dan mengubah nama link google form, maka ikutilah cara di bawah ini:

  • Pertama, pastikan Kamu memiliki link Formulir Google. Kemudian silahkan copy link Google Form yang namanya akan diganti.
  • Kemudian silahkan buka website bit.ly di Google.
  • Salin link Formulir Google Kamu di kolom yang disediakan.
  • Setelah memasukan link, website akan secara otomatis mengganti nama link menjadi lebih ringkas.
  • Untuk mengubah nama sesuka Kamu, Kamu dapat mengklik Customize Back Half. Silakan tulis nama yang Kamu inginkan untuk link tersebut.
  • Isilah titik-titik setelah “bitly.com/” dengan nama baru yang Kamu inginkan. Misalnya, “bitly.com/registransiswabaru”.
  • Setelah mengganti nama, klik Simpan untuk menyimpan link.

Agar kamu bisa membuka link tersebut melalui short link, silahkan copy link tersebut dan salin kemana saja kamu mau. Dengan demikian, proses penggantian nama link Google Form menggunakan situs bit.ly telah selesai.

2. Menggunakan Ungu.in

Website gratis berikutnya yang menawarkan fitur ganti nama link Google Form adalah Ungu.in. Ungu.in adalah penyingkat URL yang terkenal sejak lama. Ini adalah berkamu yang dapat dianggap menyenangkan secara estetika.

Seperti namanya, situs Ungu.in dibalut dengan warna ungu yang sangat indah dan menarik. Untuk menggunakan situs ini, Kamu tidak perlu mendaftar dan memiliki akun seperti situs lainnya, dan itulah yang menjadi keunggulan Ungu.in.  Adapun cara mengganti nama link Google Form melalui Ungu.in adalah sebagai berikut:

  • Silahkan copy link Google Form yang akan di rename terlebih dahulu untuk import link di Ungu.in dengan mudah tanpa harus memasukan link asli yang sangat panjang dan rumit.
  • Kemudian silahkan buka halaman Ungu.in melalui web browser. Setelah situs terbuka, silahkan masukkan link Google Form yang ingin dirubah/diperpendek.
  • Kemudian, dalam beberapa detik, situs tersebut secara otomatis mengganti nama link dan menampilkannya dalam format yang sederhana dan ringkas.
  • Jika Kamu ingin nama itu menyenangkan Kamu, silakan ketikkan nama link yang Kamu inginkan.
  • Klik tombol “Pergi” dan simpan link baru Kamu.
  • Dengan itu, proses penggantian nama selesai.

Dan itulah cara merubah nama link Google Form menggunakan dua cara. Langkahnya sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!