Power supply adalah bagian penting dari PC yang membantunya bekerja dengan efisien. Tugasnya adalah memberi komputer daya yang dibutuhkannya untuk bekerja dengan baik. Jadi, tanpa adanya power supply ini, maka daya yang di hasilkan akan menjadi tidak maksimal dan efisien dan berujung kepada kerusakan pada PC, tentu hal itu akan menyulitkan kamu bukan. Apalagi jika PC sering digunakan untuk hal-hal penting seperti sekolah atau pekerjaan.

Seperti yang diketahui secara umum bahwa sebuah PSU memiliki berbagaimacam harga dan juga fabrikasi dan variasi yang banyak. Mulai dari PSU seharga 400ribuan sampai jenis PSU yang sudah bersertifikat 80+ Bronze. Namun bagaimana Cara Cek PSU di PC dan bagaimana cara mengetahui apakah PSU ini bekerja dengan baik atau tidak? Nah berikut adalah pembahasannya!

Daftar Isi

Tanda Power Supply Tidak Berfungsi dengan Baik

Sebelum kita berbicara lebih banyak tentang bagaimana Cara Cek PSU di PC menggunakan software, mari kita lihat tanda-tanda ada yang salah dengan kinerja PSU. Jika kamu menemukan tanda-tanda ini, kamu dapat melakukan lebih banyak tes.

Ketika ada masalah dengan sumber listrik, hal pertama yang biasanya terjadi adalah komputer berhenti bekerja atau error. Sudah dikatakan bahwa tugas power supply adalah memberi komputer daya yang dibutuhkannya untuk bekerja. Jadi, jika terjadi masalah pada sumber listrik, komputer tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Beberapa tandanya adalah komputer hang, kadang restart sendiri, atau port USB di komputer tidak bisa ditemukan. Jenis kerusakan lainnya. Terkadang komputer masih menyala, tetapi BIOS tidak dapat menemukan hard drive. Masalah seperti ini dapat disebabkan oleh banyak hal yang berbeda. Salah satunya bisa jadi kabel pada sumber listrik terputus. Selain itu, usia power supply juga dapat berpengaruh besar pada seberapa baik kinerjanya.

Cara Cek PSU di PC dengan mudah menggunakan Software Berikut!

Software di bawah sudah kami uji dan berhasil menampilkan status power supply di PC. Dengan teknologi Software ini tentunya akan lebih memudahkan kamu untuk mengetahui kinerja PSU tanpa sibuk membongkar mesin. Berikut beberapa cara menggunakan aplikasi untuk memeriksa power supply PC:

1.      Gunakan AIDA64 Extreme

Perangkat lunak bernama AIDA64 Extreme dapat digunakan untuk memeriksa kondisi sumber listrik. Orang sering menggunakan Software semacam ini untuk menemukan dan memperbaiki masalah pada perangkat PC yang berbeda. Salah satunya adalah pengetahuan tentang keadaan atau kondisi power supply yang digunakan sebagai sumber listrik.

AIDA64 juga memiliki sejumlah alat yang dapat menampilkan informasi penting tentang bagaimana komputer bekerja. Perangkat lunak ini akan menguji CPU dan sistem memori untuk melihat seberapa baik kerjanya. Kemudian AIDA64 juga akan menemukan kerusakan pada semua hardware, termasuk sumber listriknya.

Pengguna dapat melakukan analisis perangkat keras dengan Software ini. Mereka dapat melihat hal-hal seperti power supply yang digunakan perangkat PC. Sehingga nantinya bisa diketahui dengan pasti apakah memang ada masalah pada power supply atau tidak.

2.      Gunakan CPUID Hardware Monitor Pro

Power supply juga dapat diperiksa dengan perangkat lunak CPUID Hardware Monitor Pro. Software ini akan memberi tahu kamu berapa banyak daya yang digunakan perangkat komputer dan berapa banyak voltase yang mengalir melaluinya. Selain itu, data voltase ini akan ditampilkan secara mendalam berdasarkan jenis perangkat keras yang mendapat daya, seperti hard drive, VGA, dan sebagainya.

Sangat mudah menggunakan perangkat lunak CPUID Hardware Monitor Pro untuk memeriksa power supply PC. Dapatkan saja perangkat lunak dari Internet dan letakkan di PC kamu. Jika pengguna membuka perangkat lunak ini nanti, fitur pemeriksaan yang berbeda akan muncul.

Pengguna dapat menggunakan fungsi pemantauan voltase dan voltase waktu nyata untuk memeriksa status power supply. Demikian artikel tentang Cara Cek PSU di Pc. Semoga bermanfaat dan sekian terima kasih.