cytricksBisnis agen tiket adalah salah satu bisnis online yang menawarkan jasa penjualan tiket pesawat, kereta api, kapal laut, hotel, dan lain-lain kepada calon wisatawan. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar, mengingat permintaan akan tiket perjalanan yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan sektor pariwisata, bisnis, dan TKI.

Selain itu, bisnis agen tiket ini juga memiliki keuntungan yang menarik, seperti komisi dari setiap penjualan tiket, fleksibilitas waktu dan tempat, serta kemudahan dalam menjalankannya.

Namun, bagaimana cara menjadi agen tiket yang sukses dan tepercaya? Apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Kamu terapkan jika ingin memulai bisnis agen tiket:

Daftar Isi

Berikut Cara, Peluang dan Tips Bisnis Agen Tiket!

1. Melakukan Riset Pasar

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah melakukan riset pasar untuk mengetahui destinasi, maskapai, dan platform yang paling banyak dicari oleh calon wisatawan. Kamu bisa menggunakan alat-alat seperti Google Trends, Keyword Planner, atau Google Analytics untuk melihat tren pencarian, volume, dan persaingan keyword yang berkaitan dengan bisnis agen tiket.

Dengan begitu, Kamu bisa menentukan niche, target pasar, dan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Kamu.

2. Memilih Mitra dan Platform yang Tepercaya

Langkah kedua yang harus Kamu lakukan adalah memilih mitra dan platform yang tepercaya untuk bekerja sama dalam bisnis agen tiket. Ada beberapa cara yang bisa Kamu pilih, yaitu:

·         Mengajukan Kerja Sama dengan Maskapai Penerbangan

Cara ini membutuhkan modal yang cukup besar, sekitar 10 juta rupiah untuk setiap maskapai, dan badan usaha yang berbentuk CV atau PT. Keuntungan dari cara ini adalah Kamu bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah dan komisi yang lebih besar dari maskapai penerbangan.

·         Mencari Mitra Agen Tiket Lain

Cara ini membutuhkan modal yang lebih kecil, sekitar 2-5 juta rupiah, dan tidak perlu membuat badan usaha. Keuntungan dari cara ini adalah Kamu bisa menjadi sub agen dari agen tiket yang sudah memiliki banyak mitra maskapai penerbangan dan platform online. Kamu hanya perlu membayar deposit dan fee transaksi kepada agen tiket tersebut.

·         Manfaatkan Platform Online

Cara ini tidak membutuhkan modal sama sekali, dan Kamu bisa langsung mendaftar sebagai agen tiket di platform online seperti Bukalapak1, LinkAja, atau Birotiket. Keuntungan dari cara ini adalah Kamu bisa mendapatkan akses ke berbagai produk tiket, hotel, pulsa, dan PPOB yang terlengkap dan terupdate.

3. Membangun Website dan Media Sosial

Langkah ketiga yang harus Kamu lakukan adalah membangun website dan media sosial untuk bisnis agen tiket Kamu. Website dan media sosial adalah alat yang penting untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan menjual produk Kamu kepada calon wisatawan.

Kamu bisa membuat website yang profesional, informatif, dan user-friendly dengan menggunakan domain dan hosting yang berkualitas. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti SEO, blog, testimoni, dan live chat untuk meningkatkan trafik, konversi, dan kepercayaan pengunjung.

Selain website, Kamu juga harus aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Kamu bisa membagikan konten-konten yang menarik, edukatif, dan inspiratif tentang bisnis agen tiket, destinasi wisata, tips perjalanan, dan testimoni pelanggan.

4. Memberikan Pelayanan yang Prima

Langkah keempat yang harus Kamu lakukan adalah memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan Kamu. Pelayanan yang prima adalah kunci untuk membangun loyalitas, reputasi, dan kesuksesan bisnis agen tiket Kamu.

Kamu harus selalu responsif, ramah, dan profesional dalam melayani pelanggan, baik sebelum, selama, maupun sesudah transaksi. Kamu juga harus memberikan informasi yang akurat, lengkap, dan jelas tentang produk, harga, syarat, dan ketentuan yang berlaku.

5. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan

Langkah kelima yang harus Kamu lakukan adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kamu sebagai agen tiket. Kamu harus selalu update tentang perkembangan terbaru di industri perjalanan, seperti regulasi, teknologi, tren, dan peluang.

Kamu juga harus meningkatkan keterampilan Kamu dalam bidang pemasaran, penjualan, negosiasi, komunikasi, dan administrasi. Kamu bisa belajar dari berbagai sumber, seperti buku, artikel, webinar, kursus, atau mentor.

6. Mengevaluasi dan Mengembangkan Bisnis

Langkah keenam yang harus Kamu lakukan adalah mengevaluasi dan mengembangkan bisnis agen tiket Kamu. Kamu harus rutin mengukur dan menganalisis kinerja bisnis Kamu, seperti omset, laba, biaya, margin, ROI, dan customer satisfaction.

Kamu juga harus mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di bisnis Kamu. Dari hasil evaluasi tersebut, Kamu bisa membuat rencana dan strategi untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Kamu, seperti menambah produk, layanan, mitra, atau pasar.

Itulah beberapa tips, cara dan peluang yang bisa Kamu terapkan jika ingin memulai bisnis agen tiket. Bisnis ini memang memiliki prospek yang menjanjikan, namun juga membutuhkan kerja keras, kreativitas, dan komitmen yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!