Salah satu bentuk investasi di masa ini adalah kita ikut berinvestasi di suatu perusahaan kemudian melakuakn Investasi Saham sebagai indikasi bahwa kita akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut sesuai dengan saham yang kita pegang. Banyak dari kita berpikir bahwa, apakah investasi saham halal? Padahal, dalam investasi ada konsep Investasi Saham Syariah yang merupakan bentuk investasi yang diperbolehkan dalam Islam karena adanya unsur bagi hasil.

Jika perusahaan menghasilkan laba dalam jumlah tertentu, kamu juga dapat menerima dampak dari laba dan dividen itu.

Daftar Isi

Apa itu Investasi Saham Syariah? Berikut Adalah Penjelasannya!

Meski demikian, sebagian umat Islam masih mempertanyakan kehalalan Investasi Saham. Yang banyak orang khawatir adalah takut beberapa dari Produk Investasi melanggar hukum Islam. Oleh karena itu, ada saham syariah yang memberikan kepercayaan dan keamanan bagi umat Islam yang ingin Investasi Saham Syariah.

Pada dasarnya Investasi Saham Syariah sama dengan saham biasa, bedanya perusahaan yang mengeluarkan saham yang kita investasikan adalah perusahaan yang memiliki prinsip syariah dan yang operasionalnya tidak melanggar syariah.

Misalnya, perusahaan yang tidak terlibat dalam riba, perusahaan yang bersertifikat halal, dan perusahaan yang tidak terlibat dalam praktik perjudian atau perdagangan yang dilarang. Berikut adalah beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum melakuakn Investasi Saham Syariah:

1. Ketahui Produk Investasi Yang Kamu Inginkan

Membeli dan berinvestasi dalam saham berarti dana yang kamu investasikan berisiko. Oleh karena itu, sangat penting untuk meneliti saham yang kamu inginkan sebelum membelinya dari perusahaan pialang atau perusahaan pialang lainnya.

Saham syariah mengharuskan kamu menyepakati daftar perusahaan yang akan diinvestasikan. Cara mengecek Sikap kamu bisa dilihat di daftar efek syariah yang diterbitkan oleh Lembaga Jasa Keuangan. Daftar ini menunjukkan perusahaan publik yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal. Ada dua jenis Daftar Efek Syariah yang diterbitkan yaitu yang diterbitkan secara rutin pada akhir Mei atau November setiap tahunnya, dan yang tidak diterbitkan secara berkala.

2. Pastikan Investasi Saham Syariah Kamu Bebas Dari Praktik Yang Tidak Sesuai Dengan Ajaran Islam

Setelah kamu memiliki daftar perusahaan yang akan dibeli untuk investasi Syariah, langkah selanjutnya adalah memverifikasi keakuratan perusahaan tersebut. Pastikan saham yang kamu pilih bebeas dari praktik yang bertentangan dengan norma islam. Kondisi ini adalah:

  • Sifat transaksi, barang atau jasa, kontrak dan pelaksanaan bisnis tidak boleh bertentangan dengan prinsip Syariah.
  • Perusahaan harus menandatangani dan mematuhi ketentuan kontrak sesuai dengan prinsip Syariah.
  • Perusahaan membutuhkan Petugas Kepatuhan Syariah (SCO) untuk menjelaskan kepatuhan Produk Investasia terhadap prinsip Syariah.

SCO adalah lembaga atau pejabat perusahaan yang diakreditasi oleh Majelis Ulama Dewan Syariah Nasional Indonesia sebagai bukti pemahamannya tentang konsep Syariah di pasar modal.

3. pergi ke perusahaan investasi

Setelah kamu mengetahui bagaimana Investasi Saham Syariah bekerja dan bagaimana pengamanannya. Tentu kamu sudah bisa mengambil beberapa keputusan untuk lanjut atau stop sampai disini.

kamu dapat menyimpan uang kamu di sana. Tanyakan perwakilan perusahaan investasi kamu untuk penjelasan mendetail untuk memungkinkan perbandingan dan melengkapi informasi tentang penerbit yang ingin kamu beli. Kemudian isi formulir yang diperlukan.

Baca Juga: Berapa Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun? Inilah jawabannya

Jika kamu tidak yakin apakah akan segera mulai berinvestasi di saham syariah, kamu dapat mempertimbangkan reksa dana syariah berisiko rendah. Kamu juga sempat mendapat penjelasan dari perwakilan perusahaan investasi yang Produk Investasia kunjungi.

Nah, setelah kamu memahami apa itu Investasi Saham Syariah dan memiliki beberapa tips cara berinvestasi saham syariah, jangan ragu untuk mulai berinvestasi sekarang. Berinvestasi dengan bijak memberi keuntungan menarik Friend Kamu. Lanjutkan dan perlakukan uang kamu dengan bijak.