Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah?

 

Jawaban:

Kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau adalah pelaku dan saksi sejarah. Hal ini karena ia memiliki peran aktif dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk nasib bangsa Indonesia. Serta memiliki pengalaman langsung dalam menyaksikan dan mengalami berbagai peristiwa penting yang terjadi di Indonesia maupun di dunia.

a. Bung Hatta sebagai pelaku sejarah

Bung Hatta dapat dikatakan sebagai pelaku sejarah karena ia aktif terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk nasib bangsa Indonesia.

Beberapa contoh peristiwa tersebut adalah:

  • Ia menjadi salah satu pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927 yang merupakan partai politik pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari Belanda.
  • Ia menjadi salah satu anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang menyusun dasar negara dan konstitusi Indonesia.
  • Ia menjadi salah satu penandatangan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 bersama Soekarno.

b. Bung Hatta sebagai saksi sejarah

Bung Hatta juga dapat dikatakan sebagai saksi sejarah karena ia menyaksikan dan mengalami langsung berbagai peristiwa penting yang terjadi di Indonesia maupun di dunia. Beberapa contoh peristiwa tersebut adalah:

  • Ia menyaksikan perkembangan pergerakan nasional di Indonesia sejak masa awal abad ke-20 hingga masa revolusi fisik.
  • Ia menyaksikan perkembangan politik dunia sejak masa Perang Dunia Pertama hingga Perang Dingin.
  • Ia menyaksikan perkembangan sosial budaya di Indonesia sejak masa kolonial hingga masa reformasi.

 

Disclaimer : Kunci jawaban soal ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan jawaban maka itu hanya kebetulan saja.