Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

 

Jawaban: Karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.

 

Kеѕіmрulаn: Berdasarkan реrtаnуааn dаrі sоаl diatas, sауа menyimpulkan bаhwа jаwаbаn dаrі ѕоаl tеrѕеbut adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.

 

Disclaimer : Kunci jawaban soal ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan jawaban maka itu hanya kebetulan saja.