1. Indonesia yang dilalui oleh jalur Sirkum Pasifik & Mediterania dan Filipina yang dilalui oleh jalur Sirkum Mediterania menyebabkan kedua negara ini memiliki cadangan sumber daya energi dan mineral yang sangat tinggi, termasuk cadangan energi geothermal. Namun, penggunaan dan pengelolaan energi geothermal di Filipina jauh lebih tinggi di Indonesia. Mengapa demikian…

 

A. Cadangan energi fosil di Filipina jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Kondisi ini menjadikan Filipina banyak mengembangkan energi alternatif, seperti energi geothermal, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di negaranya.
B. Filipina memiliki cadangan energi minyak yang lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Menjadikan Filipina banyak mengembangkan energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di negaranya.
C. Cadangan energi Batubara di Filipina sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Menjadikan Filipina mengembangkan energi geothermal, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di negaranya.
D. Filipina memiliki energi jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Menjadikan Filipina banyak mengembangkan energi alternatif, untuk memenuhi
kebutuhan energi listrik di negaranya.

 

Jawaban: A. Cadangan energi fosil di Filipina jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Kondisi ini menjadikan Filipina banyak mengembangkan energi alternatif, seperti energi geothermal, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di negaranya.

 

Kеѕіmрulаn: Berdasarkan реrtаnуааn dаrі sоаl diatas, sауа menyimpulkan bаhwа jаwаbаn dаrі ѕоаl tеrѕеbut adalah  A. Cadangan energi fosil di Filipina jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Indonesia. Kondisi ini menjadikan Filipina banyak mengembangkan energi alternatif, seperti energi geothermal, untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di negaranya.

 

2. Tonle Sap merupakan danau terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Kamboja. Danau ini dihubungkan ke Sungai Mekong melalui sebuah anak sungai kecil yang bernama Tonle Sap (memiliki nama yang sama dengan danau tersebut). Sungai ini mengalir dari Danau Tonle Sap, ke Sungai Mekong.

Namun, sepanjang musim hujan, yaitu pada bulan Juni hingga Oktober, arah aliran Sungai Tonle Sap berbalik dari Sungai Mekong menuju ke Danau Tonle Sap. Hal ini mengakibatkan ….

A. Ikan di danau menjadi semakin banyak
B. Tanah longsor di sekitar danau karena pada saat itu, erosi yang sangat tinggi
C. Volume air danau yang bertambah banyak menyebabkan meluap dan terjadi erosi tinggi menyebabkan tanah longsor
D. Banjir di sekitar danau karena pada saat itu, ukuran Danau Tonle Sap bertambah besar menjadi lebih dari dua kali lipat dari ukuran biasanya

 

Jawaban: D. Banjir di sekitar danau karena pada saat itu, ukuran Danau Tonle Sap bertambah besar menjadi lebih dari dua kali lipat dari ukuran biasanya.

Kеѕіmрulаn: Berdasarkan реrtаnуааn dаrі sоаl diatas, sауа menyimpulkan bаhwа jаwаbаn dаrі ѕоаl tеrѕеbut adalah  D. Banjir di sekitar danau karena pada saat itu, ukuran Danau Tonle Sap bertambah besar menjadi lebih dari dua kali lipat dari ukuran biasanya.

 

 

Disclaimer : Latihan soal dan jawaban ini bukan bocoran penilaian harian. Ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan soal maka itu hanya kebetulan saja.