1. Dalam sebuah diskusi, penyaji menyatakan bahwa sudah saatnya Indonesia mencontoh keberhasilan Brasil dalam penggunaan energi alternatif.

Tanggapan yang santun terhadap penyataan penyaji adalah ….

 

a. Saya rasa penyaji terlalu gegabah atas pernyataannya. Masak Negara kita disuruh mencontoh Brasil dalam mengembangkan energi alternatif.
b. Saya kagum dengan pernyataan Saudara. Saudara memang hebat. Akan tetapi, menurut saya masih terlalu dini jika kita harus mencontoh keberhasilan Brasil.
c. Saya setuju dengan pendapat Saudara bahwa kita harus segera mengembangkan energi alternatif seperti Brasil. Tapi kok rasanya kurang bijak jika kita harus disamakan dengan Brasil.
d. Saya sependapat dengan pernyataan Saudara penyaji. Memang sudah waktunya kita mengembangkan penggunaan energi alternatif. Negara kita kaya akan sumber daya alam. Tentu, kita akan berhasil seperti Brasil.
e. Saya setuju bahwa sudah saatnya Negara kita mengembangkan penggunaan energi alternatif. Saying, dalam pernyataan Saudara tadi, tidak menguraikan lebih lanjut tingkat keberhasilan Brasil. Jangan-jangan Saudara hanya mengada-ngada

 

 

Jawaban: d. Saya sependapat dengan pernyataan Saudara penyaji. Memang sudah waktunya kita mengembangkan penggunaan energi alternatif. Negara kita kaya akan sumber daya alam. Tentu, kita akan berhasil seperti Brasil.

 

Kеѕіmрulаn: Berdasarkan реrtаnуааn dаrі sоаl diatas, sауа menyimpulkan bаhwа jаwаbаn dаrі ѕоаl tеrѕеbut adalah d. Saya sependapat dengan pernyataan Saudara penyaji. Memang sudah waktunya kita mengembangkan penggunaan energi alternatif. Negara kita kaya akan sumber daya alam. Tentu, kita akan berhasil seperti Brasil.

 

2. Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Datang ke Salemba
Sore itu
“Ini dari kami
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang
Ditembak mati
Sore tadi.”
Tufik Ismail

See also Pengertian, Struktur dan Cara Kerja Enzim

Puisi di atas mengungkapkan makna-makna berikut, kecuali ….

 

a. kenaifan
b. keikutsertaan
c. solidaritas
d. kesedihan
e. kesakitan

 

Jawaban:e. kesakitan

 

Kеѕіmрulаn: Berdasarkan реrtаnуааn dаrі sоаl diatas, sауа menyimpulkan bаhwа jаwаbаn dаrі ѕоаl tеrѕеbut adalah e. kesakitan

 

Disclaimer : Latihan soal dan jawaban ini bukan bocoran penilaian harian. Ini hanyalah sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan soal maka itu hanya kebetulan saja, semoga bermanfaat. Terima kasih.