Cara Cek E-Materai Asli Atau Palsu – Seperti diketahui e-materai atau materai elektronik adalah salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Pada tahun ini hanya ada satu penyedia yang ditunjuk pemerintah untuk menyediakan materai tersebut, yakni Perum Peruri.

Akibat tingginya pembelian e-materai atau materai elektronik ini, masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap adanya e-materai palsu atau yang sudah pernah digunakan orang lain sebelumnya.

Meterai elektronik atau e-Meterai menjadi salah satu jenis meterai dalam format elektronik yang mempunyai ciri khusus serta mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sama seperti meterai fisik, ada beberapa ciri e-meterai asli yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Cara Cek Keaslian Meterai Elektronik

Adapun cara cek e-meterai asli melalui aplikasi Peruri Scanner atau laman verification.peruri.co.id, yaitu sebagai berikut:

Buka aplikasi Peruri Scanner atau laman verification.peruri.co.id.

Unggah dokumen yang telah dibubuhi e-meterai.

Klik captcha “I’m not a robot”.

Kemudian klik “Upload PDF”.

Setelah itu tunggu proses pengecekan.

Dan itulah penjelasan tentang Cara Cek E-Materai Asli Atau Palsu Dengan Mudah dan Akurat. Sudah terbayarkan penasaranmu dengan penjelasan ini? semoga bermanfaat.