Apakah kalian pernah menemukan bunyi pasal atau ayat dalam perundang-undangan di tingkat nasional atau daerah yang tidak sesuai dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945 atau peraturan perundang-undangan di atasnya?

 

Jawaban:

Ya, saya pernah menemukan bunyi pasal ataupun bunyi ayat dalam perundang-undangan di tingkat daerah atau nasional yang tidak sesuai dengan Pancasila, UUD 1945 serta peraturan yang ada di atasnya.

Salah satu pasal yang tidak sesuai dengan UUD 1945 adalah Pasal 165 UU tentang Cipta Kerja.

Pasal 165 UU tentang Cipta Kerja mengatur tentang pemberian pesangon dengan jumlah yang terbilang rendah, sehingga menurut saya masih perlu dikaji kembali.

Pasal tersebut terindikasi bertentangan dengan UUD 1945 Pasal 28A hingga 28J yang berhubungan dengan keadilan sosial.

Tentunya pembayaran pesangon yang sangat rendah (bahkan penghapusan jika perusahaan mengalami pailit) akan mencederai prinsip dari keadilan sosial.

Hal itu berlaku untuk semua pembayaran uang pesangon sebagai dampak dari adanya PHK dengan sebab-sebab yang diatur di dalam peraturan perundang-undangan.

 

 

Disclaimer : Latihan soal dan jawaban ini bukan bocoran penilaian harian. Ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan soal maka itu hanya kebetulan saja.