Bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan umum pada masa Abbasiyah? Bagaimanakah kontribusinya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern?

 

Jawaban:

Pada masa Abbasiyah, banyak ilmu pengetahuan yang berkembang, seperti ilmu umum seperti kedokteran, matematika, astronomi, kimia, seni, dan lain-lain, maupun ilmu agama, seperti ilmu kalam, ilmu fikih, ilmu tafsir, maupun ilmu hadis.

Tradisi ini juga melahirkan para ilmuan yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, dunia pun berkembang menjadi peradaban ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Dunia Iptek pun terus berkembang.

Sampai saat ini sudah ada empat gelombang revolusi industri. Dimulai dari revolusi industri 1.0 yang ditandai dengan ditemukannya mesin uap, 2.0 dengan penemuan mesin bertenaga listrik, 3.0 dengan ditemukannya mesin otomatis, dan 4.0 yang sudah mengintegrasikan mesin dengan jaringan internet.]

 

Disclaimer : Kunci jawaban soal ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan jawaban maka itu hanya kebetulan saja.