Setelah mengetahui bahwa kondisi geografis Indonesia merupakan salah satu faktor yang memengaruhi proses penjelajahan samudra, carilah informasi dari buku atau internet tentang pengaruh letak geografis Indonesia.

 

 

Jawaban:

Lokasi geografis Indonesia memainkan peran penting dalam sejarah eksplorasi dan perdagangan maritimnya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 17.500 pulau yang terletak di Asia Tenggara, di antara samudra Hindia dan Pasifik. Lokasi ini menjadikannya pusat penting untuk perdagangan dan transportasi di wilayah tersebut.

Posisi nusantara di antara dua samudera secara historis menjadikannya titik persinggahan utama bagi para pedagang, pedagang, dan pelaut dari berbagai negara. Letaknya yang strategis antara China dan India menjadikan Indonesia sebagai pusat penting perdagangan rempah-rempah selama berabad-abad.

Pulau-pulau yang ada di nusantara berfungsi sebagai persimpangan untuk pertukaran dan asimilasi budaya di antara berbagai peradaban yang melewatinya.

Garis pantai yang panjang dan banyaknya perairan menjadi fasilitas pengembangan budaya maritim dan keterampilan pelaut di kalangan masyarakat adat. Hal ini menyebabkan perkembangan teknologi maritim yang maju, seperti perahu tradisional “Perahu Pinisi”.

Perkembangan teknologi maritim tersebut masih digunakan sampai sekarang.
Hingga munculnya kerajaan angkatan laut yang kuat di wilayah tersebut, seperti Majapahit dan Sriwijaya.

Kondisi geografis Indonesia juga berperan dalam distribusi sumber daya alam dan pembangunan ekonomi negara. Pulau-pulau tersebut kaya akan sumber daya, seperti minyak, gas alam, kayu, dan mineral.

 

Disclaimer : Latihan soal dan jawaban ini bukan bocoran penilaian harian. Ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan soal maka itu hanya kebetulan saja.