Soal Dan Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Halaman 26 Kurikulum Merdeka, Lembar Aktivitas 3: Sosok Bung Hatta

Diposting pada

Daftar Isi

Mengapa kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bah wa beliau sebagai pelaku dan saksi sejarah?

Jawaban:

Bung Hatta dapat dikatakan sebagai pelaku sejarah karena ia aktif terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk nasib bangsa Indonesia.

Beberapa contoh peristiwa tersebut adalah:

– Bung Hatta menjadi salah satu pendiri Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927 yang merupakan partai politik pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari Belanda.

– Bung Hatta menjadi salah satu anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang menyusun dasar negara dan konstitusi Indonesia.

– Bung Hatta menjadi salah satu penandatangan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 bersama Soekarno.

– Kisah Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau pelaku dan saksi sejarah karena keterlibatannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

– Semasa Bung Hatta hidup saat itulah peristiwa bersejarah terjadi, mengalami, dan menyaksikan secara langsung proses menuju kemerdekaan RI.

 

 

Disclaimer : Kunci jawaban soal ini hanya sebagai referensi belajar bagi siswa. Jika ada kesamaan jawaban maka itu hanya kebetulan saja.

Gambar Gravatar
Hi, Perkenalkan nama saya Cindy Monica, pemilik dari situs cytricks.com. Memiliki kegemaran terhadap dunia menulis, internet, dan bisnis, menjadikan saya tergerak untuk membuat situs ini sebagai media informasi terhadap pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *