Ini dia cara membuat toko di Shopee dengan benar dan pastinya buka toko di Shopee  lebih mudah untuk Anda praktekkan, yuk simak tutorial berikut.

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa semakin berkembangnya zaman dan majunya teknologi semua dapat dijangkau hanya lewat online saja khususnya belanja online. Banyak penjual yang beralih berjualan online namun tidak mengesampingkan jualan offline nya (toko fisik).

Cara membuat toko di Shopee

Cara membuat toko di Shopee

Dengan jangkauan yang jauh lebih luas, sehingga pundi-pundi keuntungan semakin banyak didapatkan. Anda dapat membuat toko online sendiri tanpa harus memiliki toko fisik dan tidak memerlukan tambahan  biaya pembayaran uang sewa toko.

Apalagi saat ini bukan hanya produk seperti baju, celana, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, dan sebagainya, melainkan juga seperti produk virtual seperti pulsa, voucher game, tagihan listrik, PDAM, dan produk virtual lain bisa dengan mudah dapat Anda temukan.

Sehingga perkembangan jual-beli online semakin berkembang pesat khususnya di Indonesia, bahkan makanan yang lazimnya tidak dijual online saat ini sudah banyak dapat Anda temukan.

Namun dengan catatan daerah penjualan dibatasi hanya pada daerah tertentu saja yang dapat penjual dan jasa kirim jangkau, seperti Grab dan Gojek.

Baca juga: Cara Transfer Saldo Paypal Ke Dana (Withdraw LANCAR)

Shopee Platrform Toko Online Untuk Anda Mulai Berjualan

Salah satu platform toko online terbesar yang tentunya Anda ketahui yaitu Shopee. Toko online yang satu ini bukan hanya ada di Indonesia saja, Singapura merupakan lokasi kantor pusatnya, serta Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam dan Taiwan.

Tidak hanya itu tawaran jasa-pun sudah banyak, seperti jasa service dan jasa lainnya.

Keuntungan Bagi Penjual Dan Pembeli

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan baik bagi penjual maupun pembeli di toko online, diantaranya:

1. Jangkauan Yang Lebih Luas

Baik penjual maupun pembeli dapat diuntungkan dengan jangkauan yang jauh lebih luas dibandingkan dengan tidak berjualan maupun membeli secara offline (toko).

Untuk penjual Anda dapat lebih luas memasarkan produk yang dijualnya, banyak juga penjual yang membuka toko di Shopee  dari luar negeri salah satunya dari negara China.

Produk yang dibeli dari China biasanya gratis ongkir atau minim ongkir, ada yang Rp. 0 atau Rp. 10.000 tergantung pada jumlah dan harga produk yang Anda beli.

Semakin banyak biasanya akan semakin sedikit atau bahkan Anda tidak perlu membayar ongkos kirim ke alamat Anda.

2. Harga Lebih Murah

Anda semua pasti sudah tahu bahwa produk yang dijual online khususnya di Shopee memiliki harga jual yang relatif lebih murah. Sehingga jika Anda membelinya bisa dijual kembali didaerah sekitar tempat tinggal Anda, double untung kan?

Tidak kalah menguntungkan jika barang yang Anda beli untuk kebutuhan pribadi, artinya harga murah = hemat. Maka dari pada itu, yuk mulai berjualan di Shopee.

Namun sebelumnya, ikuti dulu cara membuat toko di Shopee dengan mudah dan juga lengkap.

3. Tidak Ada Biaya Sewa

Seperti Anda menjual suatu barang, Anda memerlukan tempat sehingga membuat keputusan untuk  menyewa toko.  Akan tetapi itu tidak berlaku jika Anda menjual barang yang Anda jual di Shopee, tidak perlu biaya sewa layaknya sewa toko seperti pada umumnya.

Anda hanya perlu upload gambar, beri harga dan tunggu orang-orang yang mau membeli produk Anda. Jika mau produk Anda semakin laris, cobalah lakukan promosi dan tetap jaga kualitas barang, jangan biarkan pelanggan Anda kecewa. Jika pembeli puas, maka kemungkinan besar dia akan kembali membeli di toko Anda.

4. Tidak Perlu Punya Stok Barang

Tidak punya stok barang? Bingung ingin jual produk apa? Solusinya Anda bisa pakai sistem Dropship, Anda tidak perlu menyetok barang. Lakukan dengan cara Dropship, Anda sudah bisa mulai berjualan dan dapatkan keuntungan.

5. Cara Membuat Toko Di Shopee Mudah

Perhatikan setelah Anda membuat atau membuka toko di Shopee, dengan langkah-langkah yang simple dan mudah dimengerti membuat penjual yang masih pemula tidak akan kebingungan.

 

Panduan Cara Membuat Toko Di Shopee

Sudah tertarik ingin mulai berjualan di toko online (Shopee)?  Buat dulu toko Anda di Shopee. Simak bagaimana cara membuat toko di shopee berikut ini.

1. Daftar Dan Login Di Aplikasi Shopee

Jika sebelumnya Anda belum pernah daftar di Aplikasi Shopee maka lakukan Daftar terlebih dahulu. Anda bisa mendaftar dengan menggunakn Nomor HP atau Facebook, Google, Daftar Melalui Email, dan Line (saya sarankan daftar pakai nomor HP). Namun jika Anda sudah pernah daftar, Anda hanya perlu Login saja.

2. Buka Toko Di Shopee

Pada langkah kedua ini Anda hanya perlu melakukan tahapan cara membuat toko di Shopee, caranya sangat muda seperti dibawah ini.

  1. Lihat dihalaman utama Shopee, klik pada pojok kanan bawah (icon Saya).
  2. Klik Mulai Jual pada pojok kiri atas.
  3. Kemudian di tampilan Mulai Berjualan, klik Tambah Produk.
  4. Buat postingan dan lengkapi detailnya.
  5. Masukkan rekening Bank, klik Ok.
  6. Masukkan Kode Verifikasi. Kode Verifikasi akan dikirimkan melalui SMS sesuai dengan nomor HP yang telah terdaftar di akun Shopee Anda sebelumnya. Jika sudah masukkan nomor rekening Bank Anda agar Shopee dapat mentransfer hasil dari penjualan Anda.
  7. Selanjutnya Anda akan disuguhkan dengan tampilan Dashboard toko Anda. Anda dapat melihat berbagai macam fitur seperti Saldo Penjual, Penghasilan Saya, barang yang perlu dikirim atau dibatalkan, dan beberapa fitur lainnya.

    Tampilan dashboard toko di Shopee

    Tampilan dashboard toko di Shopee

  8. Tambahkan alamat toko Anda.
  9. Aktifkan Jasa kirim yang tersedia dan akan Anda gunakan (jika tadi belum di-setting.
  10. Anda sudah siap buka toko di Shopee.

Baca juga: Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Ke BRI [LENGKAP]

3. Buat Postingan Produk

Membuka toko di Shopee sudah selesai, sekarang Anda tinggal membuat postingan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

lengkapi isi postingan dan detailnya

Lengkapi isi postingan dan detailnya

Seperti ini langkah-langkah membuat postingan produk atau jasa di toko online Shopee, yakni:

  • Buka dashboard toko Anda di Toko Saya.
  • Klik Tambah Produk Baru.
  • Muncul tampilan “Tambah produk melalui”, ada tiga opsi yang dapat dipilih yaitu: Kamera, Foto, dan Instagram. Pilih Kamera jika Anda ingin langsung memotret produk secara langsung, pilih Foto jika Anda sudah memiliki gambar produk, sedangkan pilih Instagram untuk langsung terhubung dengan sosial media Instagram. Disini saya pilih Foto.
  • Pilih gambar yang mana akan Anda posting, jika sudah klik tanda centang “” (tiga kali sampai pada tampilan Tambah Produk).
  • Isi keterangan berikut, selanjutnya klik tanda centang “”.
  1. Nama Produk: (minimal 5 karakter)
  2. Deskripsi Produk: (minimal 20 karakter)
  3. Kategori: Atur kategori, contohnya Fashion Wanita Casual Dress
  4. Merek: Cari Merek produk yang Anda jual, jika tidak ada pilih Tidak Ada Merek.
  5. Asal Produk (Opsional): Import / Lokal
  6. Bahan
  7. Style (Opsional)
  8. Harga
  9. Stok: jumlah stok
  10. Variasi: Warna dan Ukuran yang tersedia à atur stok dan harga
  11. Berat Produk
  12. Kondisi: Baru atau Perna Dipakai
  13. Ukuran Paket (Opsional)
  14. Ongkos Kirim
  15. Pre-Order atau tidak
  16. Tampilkan Produk atau tidak
  • Tunggu sebentar proses upload postingan, jika sudah scroll ke bagian paling bawah untuk memeriksa produk barang atau jasa yang Anda buat tadi sudah selesai.

 

Tips Agar Produk Yang Dijual Di Shopee Banyak Di Beli Orang

1. Lakukan Banyak Promosi

Lakukan promosi dan beritahu kepada teman-teman, keluarga maupun kerabat. Jika terhalang budget (biaya) untuk melakukan promosi, Anda dapat membuat postingan di forum-forum jual beli di sosial media terutama Facebook.

Akan tetapi, jika Anda memilik biaya untuk promosi di Google, Facebook, maupun Instagram.

2. Jaga Kualitas Barang (Produk) Yang Ditawarkan

Jika Anda mendapatkan pelanggan sedikit demi sedikit, jagalah kualitas barang yang Anda jual. Jangan sampai pelanggan kecewa karena kualitas yang buruk, sebisa mungkin berikan produk dengan kualitas terbaik yang Anda punya.

3. Fast Respon Dan Berikan Jawaban Dengan Sopan

Disaat pelanggan kalian menanyakan sesuatu terkait barang yang Anda jual, maka berikan jawaban dengan cepat namun tetap dengan bahasa yang sopan. Hal ini cukup penting demi menjaga kenyamanan pelanggan yang ingin membeli produk Anda.

Mungkin beberapa orang perlu membutuhkan waktu yang tidak instan untuk menggait pelanggan, dan hal itu merupakan hal yang wajar. Konsisten dan terus pelajari, berusaha, serta berdoa adalah kuncinya.

Demikian tutorial serta tips dari cara membuat toko di Shopee, jadilah penjual yang jujur ya! Pelanggan is King. Cara membuat toko di Shopee mudah bukan?